Menhub Buka Program S2 Terapan STIP, Ini Jurusannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 18:34 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta membuka Program Magister Terapan setara S2. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pembukaan jalur pendidikan baru ini dapat melahirkan SDM tangguh di bidang kemaritiman.

Dia mengatakan bahwa perguruan tinggi maritim seperti STIP Jakarta memiliki peran penting dalam menciptakan SDM yang dapat diandalkan untuk mewujudkan konektivitas dan keselamatan pelayaran.

"STIP Jakarta telah menghasilkan lulusan terbaik di bidang transportasi laut di seluruh Indonesia. Saya selaku pribadi berharap STIP dapat jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim Indonesia, saya juga minta STIP Jakarta terus meningkatkan kualitas," kata Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/6/2021).

Program Magister Terapan di STIP Jakarta dibuka dengan dua Program Studi. Prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi dan Prodi Teknik Keselamatan dan Resiko.

Program Magister Terapan ini merupakan program pertama di Indonesia, dan STIP Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi pertama yang mendapatkan kesempatan dalam penyelenggaraan program Magister Terapan.

Hal itu dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 001/D/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Magister Terapan pada STIP Jakarta.

Ketua STIP Jakarta, Amiruddin menjelaskan bahwa saat mengenyam pendidikan pada program S-2 di STIP Jakarta para mahasiswa dari kedua prodi tersebut akan mendapatkan pelajaran selama empat semester dengan total Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 48 dan 49.

(hal/ara)