Tenang! Pasokan Tabung Oksigen di Pasar Pramuka Aman-Harga Tetap

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 23 Jun 2021 19:10 WIB
Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta mengakui ketersediaan tabung oksigen di rumah sakit rujukan COVID-19 semakin menipis.
Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Peningkatan kasus COVID di Indonesia termasuk di DKI Jakarta terjadi beberapa waktu ini. Tabung oksigen pun menjadi salah satu komponen alat medis yang digunakan untuk menangani pasien Corona dengan gejala berat.

Lalu bagaimana kondisi penjualan tabung gas oksigen di pasaran?

Ketua Harian Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka Yoyon mengatakan, sejauh ini minat pembeli tabung gas memang meningkat. Namun, masyarakat dinilainya lebih pintar dalam bertransaksi.

"Oksigen itu banyak peminatnya, tapi mungkin masyarakat sudah pintar dan tidak memburu. Akhirnya tidak ada spekulan-spekulan," kata Yoyon saat ditemui detikcom di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021).

Selain membeli tabung gas, masyarakat pun bisa menghemat pengeluaran dengan cara isi ulang gas oksigen. Salah satunya seperti yang tersedia di sekitar Pasar Pramuka.

"Sekarang di Pramuka sendiri ada rekan-rekan yang membuka tabung pengisian oksigen, ada di seberang Pasar Pramuka dan di samping bank BNI," ujarnya.

Peminat isi ulang tabung gas oksigen pun cukup banyak dari mulai rumah sakit, klinik hingga pribadi. Dia mengatakan, baik masyarakat maupun rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 tak perlu khawatir jika tabung gas oksigen kosong.

"Jadi masyarakat nggak usah takut lagi kalau tabung kosong. Harganya murah nggak dinaikkin," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, harga isi ulang gas oksigen sangat terjangkau tergantung dari ukuran tabung yang dimiliki. Misalnya untuk ukuran tabung 1 m³ dibanderol dengan harga Rp 20 ribu, 1,5 m³ seharga Rp 25 ribu, untuk ukuran 2 m³ dijual Rp 30 hingga 6 m³ yang biasa digunakan di rumah sakit dijual seharga Rp 65 ribu.

Lihat juga video 'Stok Oksigen Eceran di Yogyakarta Langka':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)