Warren Buffett Mundur dari Yayasan Milik Bill & Melinda Gates

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 24 Jun 2021 08:10 WIB
Bill Gates dan Warren Buffet di Universitas Columbia
Bill Gates dan Warren Buffet/Foto: Reuters
Jakarta -

Investor kenamaan dunia, Warren Buffett memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya sebagai wali amanat di Bill and Melinda Gates Foundation. Pria berusia 90 tahun itu mengumumkan keputusannya itu pada Rabu waktu setempat.

Dilansir CNN, Kamis (24/6/2021), Buffett tidak menjelaskan secara rinci mengapa dia meninggalkan yayasan milik pasangan yang sudah bercerai itu. Namun ternyata dia bukan hanya mundur dari jabatannya di yayasan itu, tapi juga di semua perusahaan selain di kerajaan bisnisnya sendiri, Berkshire Hathaway.

Dalam catatannya Buffett juga menyatakan bahwa CEO yang baru dari yayasan tersebut, Mark Suzman adalah sosok yang luar biasa dan dia memberikan dukungan penuh.

"Tujuan saya 100% selaras dengan yayasan, dan partisipasi fisik saya sama sekali tidak diperlukan untuk mencapai tujuan ini," tulis Buffett.

Seperti diketahui Warren Buffett dan Bill Gates adalah teman dekat dan keputusannya ini muncul setelah sekitar sebulan Bill dan Melinda bercerai. Kemudian muncul kabar bahwa Bill Gates melakukan aksi yang tidak pantas terhadap karyawan Microsoft.

Yayasan Bill & Melinda Gates sendiri didirikan pada tahun 2000, dan didanai oleh kekayaan pribadi pasangan itu serta beberapa yayasan keluarga Gates lainnya. Buffett juga ikut serta di dalamnya.

Sejak tahun 2000, yayasan tersebut telah menghabiskan hampir US$ 54 miliar untuk berbagai kegiatan sosial yang berkaitan dengan kesehatan global, pengentasan kemiskinan dan, baru-baru ini, peluncuran secara global vaksin COVID-19.

Tak lama setelah pengumuman perceraian pasangan itu, yayasan tersebut sudah mengumumkan bahwa tidak akan ada perubahan pada peran mereka.

Pengumuman pengunduran diri Warren Buffett adalah bagian dari pernyataan yang lebih besar tentang tujuan filantropisnya, di mana Buffett mencatat bahwa dia baru-baru ini menjanjikan saham Berkshire Hathaway (BRKA) senilai US$ 4,1 miliar, membuatnya setengah jalan menuju tujuannya untuk memberikan 99% dari kekayaan bersihnya.

Lihat juga video 'Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)