Jokowi Pilih PPKM Mikro Demi Jaga Ekonomi, Tepat atau Blunder?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 24 Jun 2021 12:42 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi Pilih PPKM Mikro Demi Jaga Ekonomi, Tepat atau Blunder?/Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk memilih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro ketimbang lockdown untuk mengatasi kasus COVID-19 yang terus menanjak. Salah satu pertimbangannya adalah faktor ekonomi.

PPKM Mikro lebih ampuh ketimbang lockdown? Menurut Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda sebelum menentukan kebijakan ada baiknya melihat terlebih dahulu penyebab ekonomi tertekan di masa pandemi. Menurutnya ada dua hal yang menjadi alasan utama.

Pertama, mobilitas masyarakat sangat terbatas sehingga sebagian besar masyarakat menahan konsumsinya. Hal itu tercermin dari data konsumsi masyarakat yang menurun serta dana pihak ketiga (DPK) perbankan yang meningkat.

"Kenapa sih masyarakat enggan membelanjakan uangnya? Karena mereka khawatir pandemi masih terjadi, takut tertular, maka mereka menahan konsumsinya," ucapnya saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6/2021).

Kedua, lanjut Huda, pendapatan masyarakat menurun. Penyebabnya di antaranya badai PHK, banyak pelaku usaha yang tutup, dan lain sebagainya. Akibatnya pendapatan menurun.

"Walaupun sudah dikasih bansos namun penyaluran yang amburadul dan dikorupsi, tidak efektif menaikkan konsumsi masyarakat," terangnya.

Berdasarkan dua penyebab itu menurut Huda opsi lockdown merupakan pilihan yang tepat. Sebab virus COVID-19 yang menjadi akar utama permasalahan harus dituntaskan terlebih dahulu.

"Jika pemerintah memilih PPKM Mikro yang ditebalkan, artinya pemerintah bukan menjaga momentum ekonomi tapi ada alasan lainnya. Toh kalau mau menjaga momentum ekonomi ya selesaikan pandemi secara tuntas. Saya pikir alasan biaya lockdown yang tidak disanggupi oleh pemerintah. Ketika terjadi lonjakan kasus seperti saat ini, ya ekonomi tambah jeblok. Target pertumbuhan ekonomi 7% dari Presiden Jokowi cuman jadi mimpi belaka," tuturnya.

Apa pertimbangan pemerintah memilih PPKM Mikro? Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Instruksi Jokowi ke Gubernur: Pertajam PPKM Mikro, Optimalkan Posko

[Gambas:Video 20detik]