Disebut Banyak Jual Produk Asing, Tokopedia: Hampir 100% UMKM Lokal

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 29 Jun 2021 20:48 WIB
Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri menyebut Tokopedia sebagai perusahaan decacorn yang kurang menunjukkan produk lokal dan banyak menjual produk buatan luar negeri atau asing. Lalu bagaimana tanggapan Tokopedia?

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menyebut bahwa Tokopedia ialah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia. Bahkan ia menyebut penjual di Tokopedia hampir 100%-nya ialah UMKM lokal.

"Tokopedia adalah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

"Penjual di Tokopedia hampir 100%-nya UMKM lokal sehingga pasar Indonesia sepenuhnya dinikmati pelaku usaha domestik dan ekonomi berputar di dalam negeri. Tokopedia juga sama sekali tidak memfasilitasi adanya impor langsung dari penjual asing di dalam platform," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan dalam Sarasehan Nasional dengan tema Indonesia Muda Membaca Bung Karno yang digelar secara virtual, Selasa (29/6). Dalam kesempatan itu, Megawati melontarkan kritik pada pendiri dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya yang juga hadir dalam acara tersebut.

Megawati mengkritik Tokopedia karena lebih banyak menghadirkan produk dari luar Indonesia. Menurut Megawati, fakta ini berbeda dengan seruan Presiden Jokowi yang meminta digital platform mengutamakan produk buatan dalam negeri dan UMKM.

(ncm/hns)