Hotel Sediakan Kamar Isolasi Mandiri, Harganya Berapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 01 Jul 2021 15:36 WIB
Puluhan pasien OTG COVID-19 dirawat di Rumah Sakit Darurat di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Mereka mengisi pagi hari dengan senam pagi. Yuk lihat.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia tengah melonjak. Sejumlah hotel menawarkan tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang positif COVID-190, namun dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran, mengatakan hotel yang menyediakan isolasi mandiri merupakan inisiatif dari masing-masing hotel karena kebutuhan untuk isolasi mandiri terus dibutuhkan.

"Prinsipnya yang menyediakan isoman itu kan atas inisiatif dari hotel itu masing-masing ya, untuk dibayar masing-masing oleh tamunya, jadi bukan difasilitasi oleh pemerintah. Ini juga fasilitas yang sudah lama ada sejak pandemi melanda," katanya, kepada detikcom Kamis (1/7/2021).

Dia juga mengungkap isolasi mandiri di hotel tidak hanya untuk status OTG, biasanya orang yang setelah bepergian dari luar kota juga banyak yang melakukan isolasi mandiri di hotel.

"Tetapi ada juga yang bisa digunakan untuk isoman jika tamu itu baru datang dari luar kota tidak untuk OTG saja," ujarnya

Maulana menjelaskan fasilitas yang didapat saat isolasi mandiri di hotel tergantung dari kebijakan hotel yang menyediakan. Maulana menegaskan yang disediakan hotel untuk isolasi mandiri selayaknya untuk orang isolasi mandiri.

"Fasilitas itu tergantung dari masing-masingnya, jadi mereka sudah melakukan paket, umumnya paket-paket isoman macem-macem, seperti paket makan pagi siang malam nya, kemudian penyiapan minumnya, makannya di dalam kamar," tuturnya.

Lalu berapa harga yang ditawarkan?

Harga dan cara untuk isolasi mandiri di hotel sendiri tergantung dari masing-masing hotel yang menyediakan. "Ada juga yang bekerjasama dengan rumah sakit, untuk testingnya atau PCR-nya dan seterusnya, tetapi semua kembali kan lagi ke hotel masing-masing," kata Maulana.

Namun sebagai gambaran, salah satu hotel bintang 4 di Jakarta Barat membuka layanan tersebut dengan harga Rp 650 ribu per malamnya. Harga itu sudah termasuk makan tiga kali sehari dan free laundry. Untuk syaratnya harus menunjukkan KTP dan hasil PCR, dan layanan ini hanya untuk pasien dengan status OTG.

Sementara salah satu hotel di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara membuka layanan isolasi mandiri sebesar Rp 10 juta untuk 7 hari isolasi. Harga itu sudah termasuk makan tiga kali sehari, vitamin hingga free laundry.

Namun, kedua hotel itu untuk saat ini sudah full booking untuk isolasi mandiri.

Simak Video: Catat! Kalau Tidak Sesak Napas dan Tanpa Komorbid, Baiknya Isoman di Rumah

[Gambas:Video 20detik]




(eds/eds)