Strategi Brand Elektronik Lokal Hadapi Perubahan Bisnis Era Digital

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Jumat, 02 Jul 2021 21:16 WIB
Sanken
Foto: Sanken
Jakarta -

Selama 26 tahun berdiri di Tanah Air, perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga, Sanken, terus beradaptasi guna memperkuat brand imagenya. Untuk itu, Sanken memanfaatkan perkembangan e-commerce di Indonesia untuk memastikan brand dan produknya bisa menjangkau pasar luas.

General Manager Sanken, Esmond H. Tirtajasa mengungkap pihaknya memastikan brand dan produk Sanken tersedia di platform-platform e-commerce terfavorit seperti Shopee. Menurutnya, Shopee merupakan salah satu platform online terbaik yang kini tersedia di era digital.

Esmond menilai Shopee memiliki pondasi sistem dan tim yang kuat untuk memberikan solusi yang tepat, baik terhadap penjual ataupun pembeli dalam proses jual-beli.

Ia pun mengungkap Sanken sangat terbantu dalam membentuk pondasi digital yang kuat melalui Sanken Official Shop di Shopee. Melalui platform ini, lanjutnya, Sanken dapat terus menawarkan produk-produk elektroniknya. Shopee juga secara giat menawarkan solusi, mengajarkan, dan menuntun Sanken sehingga dapat berkembang menjadi salah satu brand yang berhasil menjawab kebutuhan konsumen secara digital.

"Seiring dengan perkembangan teknologi dengan kecenderungan masyarakat Indonesia dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari untuk apapun secara online, kami turut beradaptasi dan mengembangkan inovasi Sanken ke penerapan literasi digital untuk sistem penjualan kami guna memperluas jangkauan pasar secara menyeluruh di Indonesia yang lebih efektif dan aman. Melihat begitu banyak kebutuhan secara digital saat ini, kami senang dapat menghadirkan peluang baik secara online melalui hadirnya Sanken Official Shop di platform Shopee Indonesia," ungkap Esmond dalam keterangan tertulis, Jumat (2/7/2021).

Esmond menyebutkan dengan hadirnya Sanken Official Shop di Shopee, berbagai kebutuhan atas produk elektronik masyarakat Indonesia dapat dengan aman, mudah, dan efektif didapatkan. Terlebih, di keadaan pandemi saat ini yang direkomendasikan untuk tetap beraktivitas produktif dari rumah.

"Di official shop ini, kami tetap menghadirkan beragam kebutuhan atas kategori elektronik sehari-hari masyarakat dengan kualitas yang dijamin aman dan baik sama seperti yang terdapat di toko-toko penjualan kami di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atas kualitas tersebut," ujar Esmond.

Untuk pemasaran di official shop Shopee, Esmond mengungkap ada sejumlah strategi khusus yang dilakukan pihaknya. Adapun strategi tersebut dimulai dari program-program penjualan yang konstan dilakukan agar terus eksis di Shopee, produk-produk spesial khusus bagi pembeli Shopee, live selling, dan lain-lain.

Ia mengatakan strategi-strategi pemasaran online ini ditawarkan pihaknya melalui pendampingan dari Shopee untuk menghasilkan solusi penjualan terbaik, terutama dalam merespons situasi pandemi saat ini.

"Dengan situasi pandemi yang terus berkelanjutan, penetrasi belanja online pun terus meningkat drastis dikarenakan limitasi terhadap pembelanjaan offline. Sanken akan terus berusaha untuk tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisi Sanken sebagai brand terpercaya bagi konsumen untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan elektronik di rumah," jelasnya.

Selain itu, Esmond mengatakan pihaknya juga mengikuti kampanye tematik sebagai bagian dari strategi branding dan pemasaran Sanken. Salah satu kampanye yang saat ini tengah diikuti Sanken ialah Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale. Kampanye ini akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang dengan menghadirkan berbagai jenis kategori alat-alat elektronik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sanken juga memberikan berbagai penawaran menarik di Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale antara lain.

  1. Cashback 50%: Pengguna berkesempatan untuk bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% tanpa minimum transaksi dari setiap transaksi barang-barang elektronik yang dibeli oleh pengguna selama kampanye berlangsung.
  2. COD Gratis Ongkir Rp 0: Pengguna bisa memanfaatkan penawaran gratis ongkir Rp 0 untuk setiap pemilihan fasilitas pengiriman secara Cash On Delivery (COD) selama kampanye berlangsung.
  3. Garansi 100% Ori: Pengguna secara 100% bisa mendapatkan jaminan terhadap barang elektronik yang dibeli selama kampanye berlangsung.

"Ke depannya, Sanken menargetkan agar pondasi Sanken di era digital ini dapat lebih diperkuat dan juga diperluas cakupannya," terangnya.

Esmond mengatakan Official Shop Sanken dapat ditemukan di seluruh daerah di Indonesia sehingga Sanken dapat menjawab semua kebutuhan-kebutuhan elektronik bertahap Nasional baik secara offline maupun online.

"Terdapat kenaikan yang cukup signifikan selama bergabung di platform Shopee Indonesia. Dengan Shopee, Sanken merasakan dan ikut berpartisipasi dalam perkembangan pesat belanja Online di Indonesia. Terima kasih Shopee!" pungkasnya.



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)