Ada PPKM Darurat, Jokowi Minta Sederet Bansos Cair Pekan Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 05 Jul 2021 15:07 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Seiring dengan penerapan PPKM Darurat, pemerintah juga menyiapkan sederet bantuan sosial (bansos) dalam berbagai bentuk. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang terdampak kebijakan pengetatan sosial tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Kabinet Paripurna meminta agar beberapa bantuan dipercepat pembayarannya. Seperti misalnya bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

"Ini tadi instruksi bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini. Terutama untuk tadi PKH untuk dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di bulan Juli sehingga bisa membantu masyarakat," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/7/2021).

Sri Mulyani menjelaskan dengan percepatan penyaluran tersebut, maka realisasi PKH di kuartal II-2021 bisa menjadi Rp 13,96 triliun yang diberikan kepada 9,9 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Target pemerintah sendiri menyalurkan kepada 10 juta KPM.

Selain PKH, Kartu Sembako juga diinstruksikan agar dipercepat penyalurannya menjadi awal Juli ini, dengan target pemenuhan 18,8 juta KPM. Alokasi anggarannya sendiri tahun ini mencapai Rp 40,19 triliun.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa juga akan dipercepat penyalurannya. Alokasi anggaran tahun ini untuk BLT Desa sendiri sebesar Rp 28,8 triliun yang disalurkan kepada 8 juta KPM. Sementara untuk realisasi sampai Juni 2021 sebesar Rp 4,99 triliun kepada 5 juta KPM.

Program Prakerja juga akan dilanjutkan. Ditargetkan bakal ada tambahan anggaran Rp 10 triliun yang disiapkan untuk 2,8 juta peserta. Sementara untuk realisasi sampai Juni 2021 sudah tersalurkan Rp 10 triliun kepada 2,8 juta.

(das/dna)