Catat! Ini 11 Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman COVID-19

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 11:12 WIB
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan layanan telemedicine gratis untuk pasien COVID-19 dengan gejala ringan melakukan isolasi mandiri (isoman). Layanan itu meliputi konsultasi medis plus paket obat gratis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 11 platform aplikasi telemedicine di Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan layanan tersebut secara gratis.

"Kita telah bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk menyediakan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis," ungkap Budi Gunadi dalam keterangan pers virtual, Senin (5/7/2021) kemarin.

Sebanyak 11 platform yang dimaksud itu adalah AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Untuk mendapatkan fasilitas telemedicine gratis, masyarakat harus melakukan tes swab di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang jumlahnya mencapai 742 laboratorium. Kemudian, layanan ini dapat diberikan melalui pesan singkat WhatsApp.

Nantinya Kemenkes memberikan pesan singkat berupa notifikasi dan kode layanan dari salah satu layanan telemedicine yang bekerja sama dengan pemerintah.

Budi Gunadi menyatakan pemerintah akan menjamin konsultasi medis dan paket obat gratis pada program telemedicine ini. Program dimulai hari ini dan akan diuji coba di wilayah DKI Jakarta terlebih dahulu.

"Mereka kerja sama berikan layanan konsultasi dokter dan pengiriman obat untuk teman-teman yang positif agar tenang stay at home, dan dapat pengobatan baik. Diberikan gratis dan obat-obatan juga sama," ungkap Budi Gunadi.

Bagi pasien positif yang tidak bergejala, akan mendapatkan paket obat yang terdiri atas vitamin C, B, E dan Zinc yang bisa diminum sekali sehari. Sementara yang bergejala ringan akan mendapatkan paket multivitamin, Azitromisin 500 mg, Oseltamivir 75 mg dan Parasetamol Tab 50 mg.

Ayo manfaatkan telemedicine gratis dari pemerintah!

(aid/ara)