RI Impor Alat Suplai Oksigen Tanpa Tabung dari Singapura

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 21:00 WIB
Close-Up Image Of Medical Oxygen Tube And The Wheelchair Behind It.
Foto: Getty Images/iStockphoto/ozgurkeser
Jakarta -

Pemerintah mengimpor oksigen konsentrator dari Singapura untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Oksigen konsentrator adalah alat untuk mengambil oksigen dari udara bebas dan diproses sedemikian rupa untuk membantu seseorang bernapas.

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), sekaligus Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan oksigen konsentrator yang dipesan dari Singapura sebanyak 10 ribu unit.

"Itu sekarang sudah ada kita pesan 10 ribu dan sebagian sudah mulai kita datang pakai pesawat Hercules dari Singapura," kata Luhut dalam keterangan pers, Selasa (6/7/2021).

Luhut menjelaskan oksigen konsentrator diberikan untuk pasien COVID-19 dengan gejala ringan. Jika jumlahnya dirasa kurang, pemerintah akan kembali memasoknya dari tempat lain.

"Yang ringan itu kita akan gunakan apa yang disebut oksigen konsentrator. Oksigen konsentrator ini mengambil dari udara biasa, diproses dan bisa dihirup," sebutnya.

Dengan demikian tabung oksigen akan diutamakan untuk menolong orang dalam perawatan intensif. Pemerintah pun berupaya untuk memastikan ketersediaannya dengan menyuplai dari beberapa daerah di Indonesia, mulai dari Morowali, Cilegon hingga Batam

"Dan kemudian sekarang kita arahkan 100% oksigen yang dari industri untuk membantu dulu kesehatan," tambah Luhut.

(toy/fdl)