Sederet Fakta Terbaru Pasokan Vaksin RI di Tengah Gilanya Corona

ADVERTISEMENT

Sederet Fakta Terbaru Pasokan Vaksin RI di Tengah Gilanya Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 07:00 WIB
Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta.
Foto: Getty Images

3. Tersedia 1,5 Juta Vaksin Gotong Royong

Hingga 6 Juli, 281.638 pekerja sudah disuntikkan vaksin COVID-19 dalam program vaksinasi gotong royong, dengan rata-rata per hari 5.400 penyuntikan.

Sejauh ini vaksin gotong royong sudah tersedia sebanyak 1,5 juta dosis dari Sinopharm, dari total yang dijanjikan sebanyak 15 juta dosis.

"Dari Sinopharm ini kita sudah berkontrak 15 juta dosis melalui anak perusahaan kita Kimia Farma, dan suplainya sudah datang sebesar 1,5 juta dosis sampai Juni kemarin, dan ini lagi berproses untuk melakukan program vaksinasinya kepada perusahaan-perusahaan yang memang mereka terlibat dalam program gotong royong ini," paparnya.

Pihaknya juga sudah melakukan perjanjian suplai vaksin dari CanSinoBio sebanyak 5 juta dosis dan itu akan mulai datang ke Indonesia pada awal kuarter III-2021.

4. Vaksin Merah Putih Diproduksi April 2022

Indonesia melalui Bio Farma sedang mengembangkan Vaksin Merah Putih untuk melawan COVID-19. Vaksin made in Indonesia itu ditargetkan diproduksi mulai April 2022.

Honesti Basyir menjelaskan pada Maret 2022 ditargetkan sudah diperoleh izin penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA).

"Ditargetkan nanti Maret 2022 terutama yang vaksin BUMN yang dikembangkan oleh Bio Farma itu sudah mendapatkan EUA dari Badan POM, sehingga bulan April kita boleh produksi," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan saat ini Vaksin Merah Putih masih berproses dan sedang dalam tahapan uji praklinik, dan masih akan melewati beberapa tahap uji klinis.


(toy/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT