Jokowi Minta Pemuda hingga Ibu-ibu PKK Jadi Relawan COVID-19

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 17:03 WIB
Jokowi Tinjau Rusun Pasar Rumput
Foto: Rusman/Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta yang dialihfungsikan menjadi RS pasien COVID-19. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak pemuda hingga ibu-ibu PKK untuk menjadi relawan dalam penanganan COVID-19.

"Saya ingin mengajak kepada para mahasiswa, pemuda-pemudi, kepada ibu-ibu PKK, kader-kader posyandu untuk bersama-sama, bahu membahu, bergotong royong untuk menjadi relawan dalam penanganan COVID-19," ujar Jokowi, dalam Live Streaming Sekretariat Presiden, Jumat (9/7/2021)

Menurut Jokowi, dengan menambah adanya relawan dari seluruh komponen masyarakat penanganan COVID-19 diharapkan akan lebih baik.

"Dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI dan Polri sudah bekerja keras pagi, siang, malam sejak bulan Maret 2020 lalu, sampai saat ini dan saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Tetapi akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat sehingga penangnan COVID-19 ini, kita tangani sebaik-baiknya," kata Jokowi.

Harapan itu disampaikan saat peresmian Wisma Haji yang dikonversi menjadi RS COVID-19. Wisma haji sendiri disebutkan oleh Jokowi sudah siap 99% dan akan mulai dibuka pada besok pagi, tepatnya pada 10 Juli 2021.

"Saya sudah cek ke dalam peralatan rumah sakit, pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien saya lihat semuanya di dalam keadaan 99% siap," kata Jokowi.

Kesiapan dari Wisma Haji menjadi RS pasien COVID-19 ini disiapkan juga melibatkan Kementerian Kesehatan hingga Kementerian PU-PR dalam waktu lima hari kemarin.

"Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras lima hari menyiapkan Wisma Haji dikonversi menjadi Rumah Sakit," ungkap Jokowi.

(zlf/zlf)