Luhut: Vaksinasi Kita Targetkan ke Daerah Kantong Kemiskinan

ADVERTISEMENT

Luhut: Vaksinasi Kita Targetkan ke Daerah Kantong Kemiskinan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 14 Jul 2021 11:23 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan membantu semua masyarakat menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Dia menjamin bantuan sosial hingga fasilitas vaksinasi akan diberikan ke masyarakat.

Khusus vaksinasi COVID-19, dia mengatakan pemerintah juga akan menargetkan memberikan vaksin langsung ke masyarakat yang berada di daerah kantong kemiskinan.

"Kita harus bersama-sama mengatasi COVID-19, baru bicara ke ekonomi. Pemerintah akan berikan bansos hingga vaksin ke masyarakat. Vaksinasi juga kita targetkan ke daerah-daerah dengan kantong kemiskinan," papar Luhut dalam acara Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/7/2021).

Selain itu, Luhut yang juga merupakan Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali ini menyatakan pemerintah akan membagikan 300 ribu paket obat gratis kepada pasien aktif COVID-19 tanggal 15 Juli, atau tepatnya hari Kamis besok.

Dia mengatakan ada sekitar 210 pasien COVID-19 yang akan mendapatkan bantuan obat ini. Dia menjamin obat-obatan ini pun dibagikan sesuai arahan dokter.

"Nanti pada tanggal 15 kita launching paket obat 300 ribu untuk yg terinfeksi ringan dengan arahan dokter, kasus aktif ada 210 ribu yg disiapkan 300 ribu, paket dibagikan tiap minggu," ungkap Luhut.

Dirinci lebih lanjut ada 3 jenis paket obat yang akan diberikan kepada masyarakat, yakni untuk OTG 10%, untuk demam dan anosmia 60%, dan untuk demam dan batuk 30%. Obat-obatan tersebut akan disebar bekerja sama dengan TNI dan pihak-pihak terkait lainnya.

Sebelumnya, Luhut sendiri pernah mengatakan pemerintah akan membuat program vaksin jemput bola untuk daerah pinggiran yang tidak memiliki akses kepada fasilitas kesehatan.

Dia pun meminta kepolisian dan TNI melakukan patroli dan mendata daerah-daerah yang dimaksud. Kemudian menyiapkan program vaksinasi langsung terhadap masyarakat di daerah tersebut.

"Saya minta Kapolda dan Pangdam banyak lakukan patroli di daerah pinggiran. Vaksinasi nanti bisa langsung ke sana saja, di kawasan pinggiran itu. Saya mau yang daerah pinggiran atau slum area, kita jemput bola buat vaksin," tegas Luhut dalam keterangannya, Jumat (9/7/2021).



Simak Video "Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung soal Ambisi Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT