Para Menteri Jokowi Menaruh Harapan untuk Kemajuan Koperasi Indonesia

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Rabu, 14 Jul 2021 22:27 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Dalam momentum Hari Koperasi ke-74 yang diperingati tanggal 12 Juli, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju mengutarakan harapannya bagi kemajuan koperasi di Indonesia. Koperasi diharapkan dapat berkontribusi menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan koperasi telah memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan masyarakat, serta memiliki kontribusi yang besar guna menjaga ketahanan perekonomian nasional dalam dinamika ekonomi global.

"Semoga koperasi dapat meningkat secara nasional agar menjadi badan usaha yang tangguh, kuat dan profesional dalam berbagai sektor," ungkap Airlangga dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (14/7/2021).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap koperasi Indonesia dapat membentuk kekuatan bisnis modern, berdaya saing dan berandil besar dalam perekonomian nasional.

Adapun Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan situasi pandemi merupakan momentum untuk mendorong kemajuan koperasi. Menurutnya, koperasi bisa menjadi tonggak kekuatan ekonomi Indonesia.

"Saya kira era ini adalah era koperasi bangkit, era koperasi yang makin professional, era koperasi yang mampu berkontribusi dengan hadirnya kemandirian perekonomian bangsa karena pandemi yang menantang kita harus melompat dan menerobos lebih tinggi ke depan," tutur Syahrul.

Hal senada disampaikan Menteri PPN dan Bappenas RI Suharso Monoarfa yang menyebut tantangan pandemi harus menjadi momentum bagi koperasi mengubah cara kerja agar lebih efisien serta menghadirkan visi baru.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menginginkan koperasi terus bertransformasi menjadi badan usaha yang lebih kuat, tangguh, dan profesional, sehingga bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di lingkungannya.

Adapun Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengutarakan harapannya agar koperasi dapat membawa kesejahteraan masyarakat di sektor kelautan dan perikanan.

"Koperasi di sektor kelautan dan perikanan diharapkan dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam mensejahterakan anggotanya," tutur Trenggono.

Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan koperasi merupakan badan usaha yang sangat penting dan merupakan landasan ideal Pancasila dengan nilai gotong royongnya disampaikan

"Dalam landasan operasional sangat jelas kebijakan pemerintah Presiden Jokowi untuk memajukan koperasi dan UKM," ulas Siti Nurbaya.

Para menteri berharap koperasi di Indonesia semakin maju, semakin mandiri, kuat, unggul, dan profesional dan menjadi usaha yang bisa besar.



Simak Video "Kemenkop UKM-Gojek Beri Pelatihan Spesial ke Ribuan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/dna)