Gerak-gerik Kamu Dipantau Luhut saat PPKM Darurat, Ini Buktinya

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 10:16 WIB
Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves)
Foto: Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih berlaku. Pembatasan kegiatan dilakukan di beberapa sektor.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pergerakan masyarakat dipantau melalui Facebook mobility, Google Traffic, hingga NASA.

"Kami gunakan FB mobility mengukur aktivitas dan pergerakan penggunaanya menggunakan lokasi GPS dan jaringan telekomunikasi yang terhubung pada perangkat. Kami gunakan Google Traffic dan intensitas cahaya di malam dari NASA dan NOAA," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Luhut mengatakan, pemantauan dilakukan untuk mengukur pergerakan masyarakat di tengah penyebaran virus Corona varian delta.

"Ini kami gunakan supaya kita bisa ngukur untuk menghadapi varian delta ini. Karena semua lelah. Saya ulangi semua kita lelah. Itu teman-teman prajurit dan perawat lelah," katanya.

Luhut menyampaikan bahwa mobilitas masyarakat membaik, artinya turu dalam PPKM Darurat kali ini.

"Mobilitas yang kita lihat cukup membaik saya kira. Ini ada Google Trafic dan FB Mobility turun tajam, intensitas cahaya di malam hari sudah menunjukan turunnya aktivitas di malam hari, ini di Yogyakarta. Dan saya pikir memberikan indikasi yang lebih baik, yang tadinya zona hitam sekarang zona merah dan menuju kuning, itu yang kita mau begitu juga di Bali," tuturnya.

(ara/ara)