Disentil Susi, Dengar Lagi Kata Luhut yang Sempat Bilang Corona Terkendali

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 19:30 WIB
Poster
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia kian tinggi. Bahkan, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, khusus virus Corona varian Delta tak bisa dikendalikan.

Pernyataan Luhut itu berbeda 180 derjat dengan pernyataan sebelumnya hingga mendapat sindiran dari Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Sebelumnya Luhut pernah dengan tegas mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Tanah Air terkendali.

Seperti apa keterangannya?

Dara catatan detikcom, kala itu Luhut mengatakan jika ada yang tak percaya bila pandemi COVID di RI terkendali, dia meminta orang itu datang langsung ke dirinya untuk ditunjukkan data bahwa kondisi COVID-19 di Indonesia terkendali.

"Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali. Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya, nanti saya tunjukkin ke mukanya bahwa kita terkendali, jadi semua kita laksanakan," kata Luhut, Senin kemarin, dikutip Kamis (15/7/2021).

Luhut juga menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan arahan jelas terkait penanganan COVID-19. Semua kebijakan diputuskan secara terintegrasi.

"Jadi presiden memberikan directive sangat jelas dan presiden sekali lagi saya katakan in charge di semua ini dan kami sebagai pelaksananya tidak ada masalah. Semua kami putuskan secara terintegrasi, saya ulangi semua kami putuskan secara terintegrasi," ujar Luhut.

Namun, hari ini Luhut mengungkap varian Delta ini tidak bisa dikendalikan di Indonesia. Dia pun menyebut kondisi ini sudah diprediksi oleh pemerintah.

"Nah ini saya mohon supaya kita paham, bahwa varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan," kata Luhut konferensi pers virtual hari ini.

Menurut studi yang dibaca Luhut, varian Delta 6 kali lebih menular dari varian Alpha.

"Varian Delta ini, menurut yang saya baca, itu lebih hampir atau sekitar 6 kali lebih cepat dari varian alpha. Atau PSBB 1 dengan PSBB 2. Ini dari studi yang saya tahu apakah 5 kali atau 6 kali tergantung siapa yang meneliti, tapi yang jelas jauh lebih dahsyat dari varian Alpha yang sebelumnya," imbuh Luhut.

Pernyataan Luhut pun mendapat sindiran dari eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di akun Twitter resminya. Dia menyindir keterangan Luhut yang menyatakan kondisi COVID-19 terkendali.

"Katanya kemarin terkendali," cuit Susi di akun Twitter pribaidinya

Simak video 'Luhut soal Corona: Sebelumnya Sebut Terkendali, Sekarang Tidak':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)