Permintaan Maaf Luhut karena PPKM Darurat Belum Optimal

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 18 Jul 2021 09:00 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Inkana Putri
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Indonesia atas penanganan PPKM Darurat yang belum optimal.

"Terakhir sebagai koordinator PPKM Jawa dan Bali Dari lubuk hati yang paling dalam saya ingin minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam penanganan PPKM Jawa-Bali ini masih belum optimal," ujar Luhut, dalam Konferensi Pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat secara virtual, Sabtu (17/7/2021).

Luhut mengatakan akan bekerja keras bersama menteri dan kepala lembaga terkait untuk menurunkan kasus Corona varian Delta.

Sementara perihal pengumuman PPKM Darurat diperpanjang atau tidak, Luhut mengungkap akan disampaikan ke Presiden Jokowi lebih dulu dan diumumkan 2 atau 3 hari mendatang.

"Saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dengan jangka waktu dan apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut, kami akan laporkan kepada Bapak Presiden. Saya kira dalam 2-3 hari ke depan kita akan umumkan secara resmi," ucapnya.

Meski demikian, Luhut mengklaim saat ini masalah pandemi COVID-19 sudah banyak yang teratasi. Namun, dia meminta kerjasama dari seluruh rakyat Indonesia untuk agar bisa menangani COVID-19 varian delta yang luar biasa ganas.

"Sekali lagi dari lubuk hati yang paling dalam saya minta pada semua masyarakat ayo kita kerjasama bahu membahu. Tidak ada yang paling pintar di sini tidak ada yang paling hebat di sini kita semua sama," kata Luhut.

"Semua kerjasama kita seluruh masyarakat dan siapa pun tidak dapat tidak ada jabatan pangkat tinggi, rendah, profesor jenderal sampai tukang batu, supir semua, sama menghadapi varian delta ini. Kita menghadapi satu varian delta yang luar biasa ganasnya yang bisa mengenakan siapa saja," lanjut Luhut.

Atas perintah Presiden Jokowi,Luhut dan jajaran Menteri diminta menyelesaikan masalahpandemi. Tetapi,Luhut mengatakan hal tersebut tidak akan mudah jika tidak ada kerja sama dari masyarakat.

"Presiden sekali lagi memerintahkan kami semua para pembantunya untuk bekerja untuk menyelesaikan masalah ini atau kontrol dan tidak mudah dan kalau hanya kami tidak akan bisa. Kita bersama kita menghadapi masalah ini sekian" tutup Luhut Panjaitan.



Simak Video "Alasan 100 Titik ke Jakarta Disekat Saat PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)