Buka cekbansos.kemensos.go.id untuk Lihat Penerima Bansos Rp 600 Ribu

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 20 Jul 2021 15:23 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Buka cekbansos.kemensos.go.id untuk tahu penerimaan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang masih berlanjut. Untuk bansos tunai dikabarkan sudah mulai cair sejak 19 Juli 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah mengatakan bansos tunai disalurkan untuk warga terdampak pandemi COVID-19. Penyalurannya melalui PT Pos Indonesia dan sejumlah Bank Negara/Daerah seperti Bank DKI di Jakarta.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu per bulan, namun penyalurannya dilakukan dalam dua periode sekaligus untuk Mei dan Juni 2021. Artinya, penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu di bulan Juli 2021.

Sebagai informasi, dalam laman cekbansos.kemensos.go.id bisa mengecek bansos dari Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi mengungkapkan, BST sudah disalurkan kepada 2,6 juta lebih keluarga penerima manfaat (KPM) dari total penerima se-Indonesia sebanyak 10 juta KPM. Penerima bansos tersebut yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk itu, karena disebut sudah mulai cair penerima BST dapat mengecek status penyaluran bantuan mereka di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cek bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id:

1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
6. Lalu klik tombol cari

(ara/ara)