Bandara AP II Larang WNA Wira-wiri, Kecuali 5 Kategori Ini

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 22 Jul 2021 13:44 WIB
Kondisi Bandara Soekarno Hatta Pasca Pengetatan PPKM Mikro
Ilustrasi/Foto: Annisa/detikcom
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menerapkan ketentuan pembatasan masuknya orang asing di bandara-bandaranya. Hal itu merupakan penerapan ketentuan dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 antara lain mengatur pembatasan terhadap orang asing yang masuk ke Indonesia atau transit di Indonesia. Kebijakan ini dikecualikan pada, pertama, pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, bertujuan untuk kesehatan dan kemanusiaan (mendapat rekomendasi dari kementerian/lembaga), awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Orang asing atau warga negara asing (WNA) yang tidak termasuk di dalam lima klasifikasi tersebut di atas dilarang masuk ke wilayah Indonesia, dan akan dilakukan pemeriksaan di bandara tepatnya di area kedatangan internasional oleh Kantor Imigrasi.

Seiring dengan berlakunya Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, Kemenkumham menyatakan bahwa tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tdak bisa lagi masuk ke Indonesia.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan peraturan ini sudah disampaikan ke seluruh bandara perseroan yang berstatus internasional.

"Bandara AP II yang berstatus internasional, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, sudah mengetahui adanya peraturan ini dan telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk pemberlakuan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. AP II bersama stakeholder berupaya untuk menerapkan peraturan ini dengan baik," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7/2021).

Simak juga video 'Kriteria WNA yang Boleh Masuk ke Indonesia Saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Langsung klik halaman berikutnya.