Muatan Balik Tol Laut dari Papua Akhirnya Penuh, Ini yang Dibawa

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 22 Jul 2021 18:45 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Tol Laut.
Foto: Muhammad Idris

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Papua, Laduani, melalui Kabid Perindustrian Yoniman Ronting dan Perdagangan Dalam Negeri Herman Bless mengatakan, Kabupaten dan Kota Jayapura ini memiliki banyak komoditi unggulan, salah satunya adalah olahan kayu.

"Meningkatnya muatan balik Tol Laut di Depapre ini adalah bukti bahwa kami berkomitmen untuk mengoptimalkan Tol Laut dengan menggandeng para pengusaha lokal untuk mengeksplor komoditi unggulan daerah dan menjualnya ke luar daerah sehingga perekonomian daerah pun turut meningkat, hal ini diikuti juga dengan bertumbuhnya usaha jasa terkait seperti jasa pengurusan transportasi," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Alfons Awoitauw didampingi Kepala Disperindagkop Kabupaten Jayapura Theoplilus Tegai, mengatakan pengembangan olahan kayu menjadi furniture merupakan produk andalan yang terus meningkat dari Kabupaten dan Kota & Kabupaten Jayapura melalui pelaku usaha lokal.

"Komoditi unggulan ini adalah olahan dari pengusaha lokal, dalam hal ini pengembangan dari olahan kayu menjadi furniture yaitu seperti tempat tidur, sofa, kursi dan juga kasur dan ke depannya beberapa komoditi unggulan daerah lainnya akan terus meningkat seiring dengan layanan tol laut yang terus dimaksimalkan. Hasil olahan ini akan didistribusikan ke beberapa daerah yang berada di Kabupaten Mimika dan juga di Merauke bahkan ke beberapa kabupaten dan Kota lainnya di Provinsi Papua Barat," tutupnya.


(kil/ara)