Geng Ekonom UI di Balik Kebijakan Ekonomi Soeharto

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 25 Jul 2021 23:00 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa di Gedung Rektorat UI
Foto: dok. Universitas Indonesia
Jakarta -

Sederet jebolan Universitas Indonesia (UI) telah menjadi tokoh-tokoh penting di negeri ini. Universitas ini memang merupakan salah satu perguruan tinggi bergengsi di Indonesia. Meskipun menjadi buah bibir selama sepekan ke belakang, predikat UI sebagai kampus unggulan belum pudar.

Salah satu kisah jebolan UI yang cukup terkenal adalah mengenai sekelompok ekonom yang dijuluki 'Mafia Berkeley'. Mereka adalah Widjojo Nitisastro, Mohammad Sadli, Subroto, Ali Wardhana, dan Emil Salim.

Geng ekonom UI ini menjadi penasihat ekonomi Soeharto di masa awalnya menjabat sementara sebagai pimpinan negara pada tahun 1966. Mereka disebut sebagai para arsitek di balik kebijakan ekonomi era Orde Baru.

Istilah 'Mafia Berkeley' sendiri pertama kali digunakan dalam artikel The Berkeley Mafia and the Indonesian Massacre besutan David Ransom. Artikel ini terbit dalam majalah Ramparts tahun 1970. Julukan itu diberikan karena mayoritas geng ekonom UI ini melanjutkan studi dan mendapatkan gelar master di University of California yang terletak di Berkeley, Amerika Serikat.

Dalam artikel itu disebutkan para ekonom ini disebut memiliki hubungan dengan Amerika Serikat. Mereka dituding David Ransom harus membawa dominasi Amerika ke dalam pemerintahan Orde Baru di Indonesia. Saat itu pun, mazhab ekonomi yang dianut dan diajarkan di UI juga disebut condong ke perdagangan bebas ala Amerika.

Hal itu terjadi berkat Sumitro Djojohadikusumo, yang kala itu menjabat dekan Fakultas Ekonomi UI. Dia meminta para pejabat Rockefeller Foundation agar bisa merombak Fakultas Ekonomi UI sesuai rambu-rambu Amerika, baik dalam hal riset maupun organisasi.

Sumitro yang pernah menjadi Menteri Perdagangan dan Menteri Keuangan di masa Soekarno ini disebut memiliki hubungan yang dekat dengan Amerika.

Namun, tudingan mafia ini tak pernah ditanggapi oleh geng ekonom UI ini, apalagi oleh Widjojo Nitisastro yang disebut-sebut jadi pemimpin dari geng ekonom ini.

Simak juga video '6 Indikator Ini Tunjukkan Ekonomi Indonesia Mulai Pulih':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana cerita lengkapnya? buka halaman selanjutnya.