Sandal Crocs Tuntut 20 Perusahaan, Tuding Desainnya Diplagiat

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 26 Jul 2021 09:07 WIB
Sepatu crocs berbulu
Foto: Ist.
Jakarta -

Perusahaan pembuat sandal, Crocs mengajukan tuntutan terhadap Walmart, Hobby Lobby, dan perusahaan-perusahaan lainnya karena dianggap telah meniru design sandal ikoniknya.

Melansir dari CNN, Senin (26/7/2021), Crocs mengajukan empat tuntutan hukum pelanggaran merek dagang pada minggu (25/7) kemarin di beberapa pengadilan distrik AS terhadap sekitar 20 perusahaan.

Crocs mengajukan tuntutan terhadap 20 perusahaan tersebut atas tuduhan melanggar merek dagang dan kekayaan intelektual perusahaan sandal tersebut.

Dalam salah satu tuntutan hukum yang diajukan di Pengadilan Distrik Colorado, AS, Crocs menuduh bahwa Walmart, Hobby Lobby serta perusahaan pembuat sepatu dan tas tangan Loeffler Randall telah menjual sendal 'Crocs' tiruan dengan harga yang lebih murah melalui berbagai nama merek yang berbeda seperti "Time and Tru" dan "George".

Dalam gugatannya, Crocs mengatakan bahwa produk peniru tersebut cenderung menyebabkan kebingungan atau kesalahan, atau untuk menipu pelanggan, dan karena itu mereka dianggap telah melanggar merek dagang Crocs.

Meski demikian, baik perusahaan Walmart, Hobby Lobby dan Loeffler Randall tidak segera memberikan tanggapan atas tuntutan tersebut.

(fdl/fdl)