Waduh! Badai Pasir di China Bikin Warga Nggak Bisa Lihat Matahari

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 28 Jul 2021 13:13 WIB
Ketika badai pasir terbesar melanda Beijing di tengah polusi parah, warga menyebut kondisi seperti kiamat
Waduh! Badai Pasir di China Bikin Warga Nggak Bisa Lihat Matahari
Jakarta -

Badai pasir setinggi lebih dari 100 meter menerjang sebuah kota di pinggiran gurun Gobi di barat laut China. Akibatnya warga mengaku tak bisa melihat cahaya matahari akibat badai pasir di China tersebut.

Berdasarkan laporan dari AFP, Dunhuang yang merupakan tempat wisata dengan sejarah penuh warna sebagai pos terdepan Jalur Sutra tampak seperti menghilang sejenak. Hal ini dikarenakan kota tersebut sempat ditelan awan debu Saat badai pasir di China tersebut melanda pada hari Minggu (25/7) kemarin.

Sebagai informasi, Dunhuang sendiri merupakan rumah bagi beberapa tempat wisata utama termasuk Gua Mogao, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO dengan ukiran Buddha kuno dan bentang alam gurun yang mencolok.

Saat badai pasir di China itu berlangsung, seorang warga bernama Zhang mengatakan kepada media lokal Jimu News kalau badai pasir itu datang tiba-tiba dan menyapu kota dalam lima atau enam menit. "Saya tidak bisa melihat matahari," katanya.

Dia juga mengatakan kota di Provinsi Gansu tidak mengalami badai pasir seperti itu dalam beberapa tahun.

"Awalnya saya diselimuti debu kuning badai pasir, lalu berubah menjadi merah dan akhirnya hitam," ujarnya.

Menurut kantor berita pemerintah China News Service, badai pasir biasa terjadi di wilayah itu setiap musim semi. Namun badai pasir di China ini memang jarang terjadi di musim panas seperti saat ini.

Lihat juga Video: Topan In-Fa Kembali Menerjang China, Bandara-Stasiun Lumpuh

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)