Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi, Bagaimana Biar Ngebut?

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 28 Jul 2021 12:39 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, Minggu (25/7/2021) untuk memutus mata rantai penularan pandemi COVID-19. Pada PPKM level 4 salah satu syarat untuk masyarakat melakukan perjalanan domestik adalah menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama guna keselamatan Bersama.

LRT City Ciracas selaku salah satu proyek pengembangan kawasan transit oriented development (TOD) dari PT Adhi Commuter Properti (ADCP) yang merupakan anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah melaksanakan Program Solidaritas Vaksinasi 1.000 Dosis Pertama guna membantu mempercepat "Herd Immunity" yang diadakan pada hari Sabtu - Minggu tanggal 24-25 Juli 2021 di Kawasan LRT City Ciracas.

Menurut Chaerul Annas, Project Director LRT City Ciracas, di situasi seperti sekarang kita harus bersama-sama saling jaga dan membantu antar satu sama lain agar keadaan bisa cepat kembali normal.

"Saat ini kita pastikan kesehatan diri dan keluarga jadi prioritas utama. Kita ingin membantu mempercepat target vaksinasi pemerintah secara maksimal sehingga Kawasan LRT City Ciracas membuat sentra vaksin untuk masyarakat umum." katanya.

Dalam melaksanakan Program Solidaritas Vaksinasi 1.000 Dosis Pertama ini, LRT City Ciracas bekerja sama dengan Komunitas W124 Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia (W124 MBCI), Tim Sukarelawan Sabara, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan TNI/Polri.

Program vaksinasi ini berjalan sesuai prokes yang sangat ketat dengan peserta vaksin yang ikut adalah mayoritas masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas. Selama pelaksanaan acara ini juga diawasi langsung oleh Tim Gugus Tugas Kecamatan Ciracas dan dibantu oleh Nakes Vaksinator dari Sudin Kesehatan Jakarta Timur dan Sukarelawan Sabara.

Lokasi vaksinasi berada di area terbuka hijau Kawasan LRT City Ciracas yang sangat luas sehingga peserta tidak perlu merasa was-was selama menunggu proses vaksinasi. Sembari menunggu antrian peserta juga bisa melihat langsung progress pembangunan proyek apartemen tower Azzure yang rencananya akan dilakukan topping-off pada akhir tahun 2021.

Selanjutnya Andi Yuvi, Ketua Umum W124 MBCI, untuk vaksinasi dosis kedua rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 - 22 Agustus 2021 di Kawasan LRT City Ciracas.

"Untuk vaksinasi dosis kedua akan kami agendakan di tanggal 21-22 Agustus 2021 sesuai dengan jarak waktu telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu untuk vaksin jenis Sinovac adalah sekitar 28 hari setelah penyuntikan dosis pertama"

(dna/dna)