Trenggono Targetkan Lumbung Ikan Nasional Setor Rp 3,71 T ke Negara

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 28 Jul 2021 15:53 WIB
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono/Foto: KKP
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menargetkan program Lumbung Ikan Nasional di Maluku bisa menyumbang Rp 3,71 triliun ke negara, yakni dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Potensi penyerapan tenaga kerja diperkirakan lebih 5.500 orang.

"Apabila keseluruhan ini kita implementasikan akan ada penerimaan negara sekitar Rp 3,7 triliun per tahun dari WPP 718. Jadi artinya LIN ini sangat proven," ujarnya, dalam keterangannya Rabu (28/7/2021).

Trenggono mengungkap pihaknya sudah merancang proses penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718 termasuk dalam area Lumbung Ikan Nasional. Jumlah tangkapan akan berbasis pada kuota dan kapal-kapal penangkap.

Lebih lanjut, dikatakan kapal penangkap harus mendaratkan hasil tangkapan di pelabuhan yang sudah ditentukan KKP. Terdapat delapan pelabuhan perikanan di sekitar WPPNRI 718 yang akan mendukung peran Ambon New Port sebagai pelabuhan utama terintegrasi.

"Ambon New Port akan menjadi pintu gerbang ekspor produk perikanan yang dihasilkan dari kawasan LIN," kata Trenggono.

Sementara untuk pemenuhan pasar domestik, Trenggono mengungkap akan disiapkan kapal kontainer berpendingin sebagai pengangkut hasil perikanan dari pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar LIN menuju wilayah tujuan.

"Suplai domestik harus diangkut menggunakan kontainer dingin, sehingga program pemerintah untuk menjalankan tol laut bisa berjalan dengan baik," tambah Trenggono.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat Video: KKP Kembangkan Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional

[Gambas:Video 20detik]