Kisah Pelaku UKM Bikin Kain Endek Mendunia Lewat Dior

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 16:14 WIB
PARIS, FRANCE - SEPTEMBER 29: A model walks the runway during the Dior Womenswear Spring/Summer 2021 show as part of Paris Fashion Week on September 29, 2020 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Sebuah capaian fenomenal dibuat oleh salah satu UMKM lokal asal Bali yang dinakhodai oleh Nurhasim yaitu Kekean Wastra. Di tahun 2020, salah satu Entrepreneur Heroes BNI dengan produk wastra Indonesia ini diajak kolaborasi dengan salah satu brand fashion mewah, Dior.

Saat itu Nurhasim dihubungi oleh atase perdagangan Indonesia di Paris. Ia diminta untuk mengirimkan sampel produknya ke brand Dior. Gayung bersambut, ia pun diajak untuk berkolaborasi dengan Dior.

Kerja sama yang dilakukan adalah dengan memakai produk tenun Indonesia untuk dijadikan koleksi terbaru Dior di tahun 2021. Nurhasim mengatakan Dior menginginkan produk yang berfokus pada pemberdayaan perempuan.

Tim dari Dior ingin mengetahui secara lengkap dari proses pembuatan hingga pewarnaan kain. Tim dari Dior diketahui tertarik dengan Kain Endek khas Bali yang membuat mereka kesemsem karena model dan desainnya yang menarik.

Christian Dior juga diketahui menjadikan kain Endek Bali produksi Kekean sebagai bagian dari koleksi musim semi dan musim panas 2021. Hal ini terungkap dari peragaan busana 'Paris Fashion Week' pada 29 September 2020.

Saat ini, usaha yang dikembangkan oleh Nurhasim juga sudah mulai berkembang. Dengan permintaan yang melonjak dan dikejar oleh waktu yang begitu singkat, ia pun menyanggupi dengan memberdayakan banyak warga lokal di Bali. Terhitung, kurang lebih 100 orang yang ia minta untuk dapat membantu usahanya.

Saat ini Kekean Wastra juga melakukan pembinaan untuk kain tenun, batik dan serat alam di beberapa daerah seperti NTT, Bengkulu, Toraja, NTB, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Tasikmalaya, Jepara, Pekalongan dan Mojokerto.

Tujuan pembinaan ini agar memberikan dampak peningkatan pendapatan daerah, taraf hidup masyarakat, pemanfaatan bahan baku lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar.

[Gambas:Instagram]


Masih banyak kisah lainnya yang akan dibagikan oleh Nurhasim dalam menjalani usahanya yang sudah mendunia ini. Semua kisah inspiratif tersebut bisa disaksikan dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora.

Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

Berlangsung selama 5 hari pada 30 Juli-3 Agustus 2021, Webinar FIB BNI akan menampilkan topik dan para Entrepreneur Heroes BNI berbeda di setiap harinya.

Tak cuma Nurhasim, masih ada lagi pembicara lain yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Founder Bali Alus Ni Kadek Eka Citrawati, Founder Frinsa Agrolestari Wildan Mustofa, Founder Cau Cokelat Kadek Surya, dan Founder Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata.

Seluruh cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan selama 5 hari dengan tema berbeda. Dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari Para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.

Jadi, tunggu apa lagi? Catat tanggalnya dan ikuti seluruh rangkaian webinar FIB BNI yang akan ditayangkan secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora.

(akd/hns)