Ini Deretan Bisnis Akidi Tio yang Gelontorkan Rp 2 T buat COVID-19

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 21:00 WIB
Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)
Foto: Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)
Jakarta -

Sosok mendiang Akidi Tio yang disebut sebagai pengusaha asal Aceh sempat menjadi misteri. Belakangan mulai terungkap siapa sosoknya hingga deretan bisnis yang dimiliki.

Sosok mendiang Akidi Tio diungkapkan oleh dokter keluarganya, Hardi Dermawan seorang pengusaha di bidang perkebunan dan bangunan.

"Pengusaha bangunan, traso. Ada usaha perkebunan juga, tapi itu urusan keluarga. Ini hanya kedekatan saya sama keluarga pasien," kata dokter Hardi saat wawancara dengan wartawan.

Namun, ternyata ada beberapa bisnis yang dimiliki mendiang Akidi Tio, berikut daftarnya:

1. Pabrik Kecap

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo baru-baru ini mengungkap dirinya mengetahui siapa Akidi Tio. Dalam postingan Instagramnya, Bamsoet menceritakan jika Akidi Tio memulai usaha kecap hingga akhirnya memiliki pabrik kecap di Palembang.

2. Perusahaan Sawit - Pupuk

Bamsoet juga mengungkap jika Akidi Tio punya perusahaan Cipta Futura di Muara Enim. Kemudian, Ia mengungkap Akidi Tio juga pengusaha tambang batu dolomit yaitu batu pembuat pupuk.

Hasil penelusuran detikcom, PT Cipta Futura atau CIFU memiliki perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

CIFU mengembangkan strategi terpadu untuk memproduksi dan mengolah produk sawit dan memanfaatkan keuntungan dari berbagai kondisi alam yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu penghasil minyak sawit ideal di dunia. Selain perkebunan CIFU juga memiliki pabrik minyak kelapa sawit matang untuk pengolahan.

Kemudian PT Cipta Futura merupakan perusahaan besar swasta nasional yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang telah berdiri sejak Tahun 1989. Perusahaan ini berlokasi di Muara Enim, Sumatera Selatan. Saat ini kami memiliki lahan seluas 8381 Ha.

3. Bisnis di Singapura dan Hong Kong

Teman dekat dari anak Akidi Tio mengungkap bahwa Akidi memiliki bisnis di Singapura dan Hong Kong. Hal itu dia ungkapkan saat dihubungi oleh Dahlan Iskan.

Orang terdekat anak Akidi Tio mengatakan uang Rp 2 triliun yang akan menjadi hibah penanganan COVID-19 itu merupakan hasil usaha dengan mitra bisnis di Singapura dan Hong Kong.

"Uang itu hasil usaha Aki dengan partner bisnis di Singapura dan Hong Kong," tulis Dahlan Iskan dikutip dari disway.id, Sabtu (31/7/2021).

Selain itu, diungkapkan juga bahwa Akidi Tio juga memiliki aset berupa gedung. Harta Akidi Tio yang berada di Singapura dan Hong Kong itu juga diketahui oleh ketujuh anaknya. Namun, ternyata selain Heryanti, yang lainnya putus harapan untuk mencairkan uang tersebut.

(ara/ara)