Sosok Lengkap Akidi Tio, Sempat Jadi Misteri hingga Diungkap Bamsoet

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 12:00 WIB
Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)
Foto: Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)
Jakarta -

Belakangan ini nama mendiang pengusaha Akidi Tio menjadi perhatian publik. Keluarga Akidi Tio menyumbang dana hibah sebesar Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19.

Namun, nama mendiang Akidi Tio ini sempat menjadi misteri karena tidak ada yang mengetahui sosok crazy rich itu. Berikut ini secara lengkap perjalanan misteri sosok Akidi Tio hingga akhirnya diungkap oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Keluarga Akidi Tio Berikan Dana Hibah

Keluarga pengusaha almarhum Akidi Tio memberikan dana hibah senilai Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19. Dana hibah tersebut diterima Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri. Eko mengatakan dana tersebut diberikan oleh salah satu keluarga Akidi Tio yang dia kenal semasa bertugas di Aceh.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, Senin lalu (25/7/2021).

Pemberian dana hibah triliunan itu disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Danrem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus. Selain untuk membantu penanggulangan COVID-19, dana tersebut juga untuk membantu kepada warga yang terdampak PPKM.

Pengusaha Tak Kenal Akidi Tio

Dengan jumlah dana hibah yang fantastis, banyak yang penasaran siapa sosok Akidi Tio. Tetapi, tak banyak informasi mengenai sosok yang diketahui pengusaha itu. Dari penelusuran detikcom, tak banyak informasi sebelumnya mengenai Akidi Tio.

Berbekal dari latar belakang Akidi Tio sebagai pengusaha, detikcom menghubungi beberapa ketua asosiasi pengusaha nasional. Namun, mereka pun mengaku tak mengenal sosok dermawan tersebut.

Seperti Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa mengaku tak mengenal Akidi Tio. Kemudian, dihubungi terpisah Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman juga tak mengenal Akidi Tio.

"Maaf saya tidak kenal beliau. Pengusaha kontraktor," sebutnya.

Dahlan Iskan Cari Tahu Sosok Akidi Tio

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku penasaran dengan sosok Akidi Tio. Dahlan sampai menghubungi semua kenalannya yang mungkin mengetahui Akidi Tio.

Akhirnya, Dahlan mendapatkan informasi dari Hardi Darmawan, dokter keluarga Akidi Tio. Diceritakan Hardi, Akidi Tio merupakan sosok yang rendah hati. Setiap datang ke tempat praktik Hardi, Akidi selalu hanya mengenakan baju dan celana putih.

"Beliau banyak sekali menyumbang. Tapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan," ujar Hardi sebagaimana dikutip Dahlan di tulisannya di disway.id.

Menurut pengakuan Hardi, Akidi Tio pernah punya pabrik kecap, mebel, kebun sawit dan kontraktor bangunan. Dengan informasi itu, Dahlan masih tetap penasaran.

Dahlan mengaku sampai menghubungi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noedin, kemudian mantan menteri asal Palembang, hingga menghubungi lima pengusaha orang Tionghoa. Hasilnya pun nihil, yang dihubungi Dahlan tidak ada yang mengenal sosok Akidi Tio.

Ketua MPR Bambang Soesatyo angkat suara soal Akidi Tio. Cek halaman berikutnya.