Mantap! UMKM Olahan Carica Dieng Ini Cetak Ratusan Entrepreneur Baru

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 20:40 WIB
Carica
Foto: Yuasafood
Jakarta -

Indonesia memiliki beragam potensi alam yang diminati oleh pasar global, salah satunya dalam bentuk produk kuliner. Melalui inovasi dan diferensiasi produk, olahan kuliner dalam negeri pun bisa terus diperkenalkan ke seluruh dunia.

Salah satu Entrepreneur Heroes BNI, Trisila Juwantara menjadi salah satu pengusaha kuliner dalam negeri yang berhasil melakukan branding terhadap produk lokal hingga menjangkau pasar ekspor. Trisila merupakan pemilik dari CV Yuasafood Berkah Makmur yang sejak tahun 2001 menjadi pionir di bidang budi daya tanaman Carica dan pengolahan carica. Bisnisnya juga turut mengembangkan wisata alam, wisata edukasi, dan kewirausahaan.

Trisila mengungkap pihaknya melakukan branding Carica dengan nama Buavica dan membuat diferensiasi produk dari tanaman khas Dieng ini.

"Industri Carica Dieng milik Yuasafood Berkah Makmur berkonsep ramah lingkungan dan zero waste, sehingga semua limbah, biji kulit, semuanya bermanfaat dan bernilai ekonomi, kulit untuk tepung papain pelunak daging, daging buah untuk selai, koktail, keripik, dodol, biji carica untuk bahan farmaka dan bisa dibuat kopi biji carica, ekstrak biji kami olah menjadi syrup dan jus buah yang segar dan sehat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (1/8/2021).

Menurut Trisila, konsumen sangat menyukai rasa dan manfaat buah carica dalam bentuk koktail. Tak hanya di dalam negeri, produknya pun sudah diekspor ke Thailand, Malaysia, dan Singapura sejak tahun 2016 hingga 2019 masing-masing sebanyak 1 kontainer (8 ton bahan jadi) dalam bentuk frozen dan kemasan.

Dengan 300 hektare area tanam buah carica, Trisila mengungkap bisa menghasilkan produksi 1 ton/hari. Ia pun kini sukses membuka peluang pekerjaan dan mencetak ratusan wirausaha baru di Wonosobo.

Di tahun 2008, Trisila mendirikan koperasi yang menangani tata niaga carica dari hulu sampai hilir. Tak hanya itu, ia juga menggandeng masyarakat sekitar untuk mengolah carica dengan membentuk kluster-kluster usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Serta menggandeng Dinas Koperasi setempat dan kelompok pemuda desa di Dieng.

Hingga kini, Trisila terus membudidayakan dan mengembangkan produk unggulan carica menjadi ratusan industri kecil dengan menyerap ribuan tenaga kerja. Ia pun terus berupaya menghadapi tantangan untuk dapat mengekspor carica secara kontinyu ke berbagai negara.

Semua cerita dari bisnis CV Yuasafood Berkah Makmur dalam mengembangkan usaha bersama masyarakat sekitar akan dibagikan oleh Trisila dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

[Gambas:Instagram]

Dengan tema 'Growth Together, Help Together', Trisila akan mengisi webinar di hari keempat Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini juga akan diisi oleh kisah dari dua Founder UMKM lainnya yakni Cau Cokelat International dan Frinsa Agrolestari.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan pada 2 Agustus 2021 pukul 13.00 di secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk, ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.



Simak Video "Inovasi, Kunci 2 Brand Lokal Ini Bisa Bersaing di Pasar Global"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/dna)