RI Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen dari Perusahaan Asal Korsel

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 08:22 WIB
Sejumlah personel menurunkan kardus-kardus berisi konsentrator oksigen dari Kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (24/7/2021). Pemerintah India memberikan bantuan 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen medis cair untuk Indonesia dalam menghadapi pandemi virus COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
RI Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen dari Perusahaan Asal Korsel
Jakarta -

Dukung Penanganan Covid-19, LX International Sumbang 50 Unit Konsentrator Oksigen ke Pemerintah

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menerima bantuan donasi 50 unit Medical Oxygen Supply System atau konsentrator oksigen dari perusahaan asal Korea Selatan, LX International.

Penasehat Menko Kemaritiman dan Investasi, Jona Widhagdo Putri yang mewakili Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasinya kepada LX International atas bantuan yang saat ini sedang sangat dibutuhkan.

"Kami dari Kemenko Marves sangat berterima kasih dan mengapresiasi ada banyak teman-teman baik dari dalam dan luar negeri yang secara inisiatif mengirimkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk penanganan COVID-19 ini," ujar Jona dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Donasi sejumlah 50 unit konsentrator oksigen tersebut dikirim melalui jalur udara dari Korea Selatan dan merupakan inisiatif dari LX International sebagai perusahaan menggerakkan bisnis di berbagai bidang seperti energi terbarukan, kesehatan, makanan, pertambangan dan bidang bisnis lainnya di Indonesia, untuk merespon lonjakan kasus COVID-19 beberapa waktu belakangan.

"Semua sudah mulai kami distribusikan ke daerah. Hari ini juga ada Kemenkes dan BNPB dan kita terus bekerja sama supaya bisa mendistribusikan semua alat-alat kesehatan terutama oksigen konsentrator ini yang sangat dibutuhkan," ucap Jona.

Bantuan tersebut telah diserahterimakan secara simbolis dari CFO LX International Kim Hoon kepada perwakilan Kemenko Marves, Jona Widhagdo Putri bersama Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Ayodhia G L Kalake, di Distribution Center Kamadjaja Logistics, Cibitung, sebagai logistics partner dari Kemenko Marves, pada Jumat (30/7/2021) lalu.

Ayodhia mengatakan bahwa bantuan tersebut akan sangat bermanfaat dan berharap bahwa bantuan tersebut dapat didistribusikan ke pihak yang tepat untuk menerima bantuan

"Ini merupakan bukti bahwa di masa pandemi ini masa sulit ini kita masih tetap bekerja sama bahu membahu mengatasi permasalahan yang dihadapi, bukan hanya oleh pemerintah tapi oleh bangsa Indonesia," ujar Ayodhia.

Lanjut halaman berikutnya.

Sementara itu, CFO LX International Kim Hoon mengatakan bahwa Indonesia merupakan wilayah strategis di mana bisnis utama perusahaan kami terkonsentrasi, dan telah mendapat banyak dukungan dari pemerintah daerah dan pelanggan.

"Kami berharap partisipasi kecil kami kali ini dapat membantu pemerintah Indonesia dan masyarakat yang sedang bahu-membahu mengatasi krisis penyebaran kembali Covid-19," ujar Kim.

Kim menambahkan, ini merupakan yang ketiga kalinya LX International Indonesia menyalurkan bantuan Covid-19. Untuk diketahui, pertama kalinya bantuan test kit berjumlah besar diberikan oleh Yoon Chun Sung, selaku CEO LX International, kepada Presiden Joko Widodo untuk Indonesia yang sedang kesulitan dengan terbatasnya test kit.

"Pada bulan April tahun ini, telah disediakan dan didirikan satu fasilitas tes Smart Mobile Lab buatan Korea secara gratis, yang dapat melakukan tes Covid-19, mulai dari pemeriksaan hingga hasil dengan proses One-stop di Pulau Sulawesi yang letaknya berjarak sekitar 3000km dari Jakarta dan memiliki fasilitas infrastruktur sosial yang kurang memadai," pungkasnya.

(fdl/fdl)