Kasus COVID-19 Jakarta Turun, Pengusaha Harap PPKM Turun ke Level 3

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 13:36 WIB
PPKM level 4 akan berakhir hari ini. Begini suasana kawasan bundaran Hotel Indonesia, Pasar Mete, dan Warteg di Jakarta.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Keputusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 akan diumumkan pemerintah hari ini apakah diperpanjang atau dilonggarkan. Seperti diketahui, periode PPKM Level 4 di Jawa-Bali berakhir pada 2 Agustus 2021.

Menanggapi hal tersebut, para pengusaha harap-harap cemas menunggu pengumuman PPKM Level di Jakarta. Mereka mengatakan, PPKM Level 4 sudah memberi banyak dampak baik dari sisi kesehatan apalagi di sisi ekonomi.

Selama PPKM, pusat perbelanjaan masih tutup sementara begitupun dengan sektor pariwisata. Menurutnya, nasib hidup dan mati kedua sektor tersebut akan bergantung pada keputusan pemerintah hari ini.

"Nasib para pengelola mal dan para pemilik toko di dalamnya, juga berbagai sektor usaha jasa dan pariwisata masih menunggu keputusan pemerintah hari ini. Jika masih diperpanjang dan belum bisa beroperasi tentu akan sangat menyulitkan akan kelangsungan usahanya, karena sejak tanggal 3 Juli sampai tanggal 2 Agustus praktis mereka tidak ada omzet dan profit," kata Ketua Umum DPD HIPPI Jakarta, Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/8/2021).

Para pengusaha meminta agar pusat perbelanjaan atau mal dapat beroperasi kembali dengan mempertimbangkan syarat vaksinasi seperti yang disampaikan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) beberapa waktu lalu.

"Jika Pemerintah sudah mengizinkan mal buka, bisa menjadi opsi bahwa yang boleh berkunjung ke mal adalah yang memiliki sertifikat vaksin, ini menjadi pertimbangan dan ini juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk secepatnya mengikuti vaksinasi," ujarnya.

Pengusaha juga berharap PPKM level 4 akan berakhir hari ini atau tidak ada relaksasi bagi beberapa sektor usaha. Melihat kasus COVID-19 di DKI Jakarta terjadi penurunan sehingga, kata Sarman, dapat menjadi pertimbangan dalam penurunan level PPKM.

"Dari sisi pelaku usaha pasti berharap agar PPKM level 4 ini sudah berakhir sehingga berbagai sektor usaha yang sudah tutup selama sebulan ini dapat beroperasi untuk
kelangsungan usahanya. Kalaupun masih diperpanjang kami berharap levelnya bisa diturunkan dari PPKM level 4 ke PPKM level 3 khususnya di DKI Jakarta," imbuhnya.

Apapun keputusan pemerintah, pihaknya berkomitmen akan mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. "Semoga Pemerintah dapat mengambil keputusan yang bijak dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, nasib pelaku usaha dan dinamika sosial yang ada," pungkasnya.

(ara/ara)