BPS Ungkap Alasan Orang Ogah Vaksinasi COVID-19

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 19:00 WIB
Vaksinasi COVID-19.
Foto: Istimewa

Survei itu juga mengungkap penerapan protokol kesehatan (prokes) di luar Jawa Bali lebih rendah dibanding dengan wilayah Jawa Bali. BPS pun mengingatkan agar hal ini jadi perhatian sebagai langkah untuk mengantisipasi ledakan kasus COVID-19.

"Kalau dilihat saya pisahkan Jawa Bali dan luar Jawa Bali, kepatuhan di luar Jawa Bali itu lebih rendah kalau dibandingkan Jawa Bali," katanya.

"Ini menjadi catatan penting terkait dengan prokes untuk luar Jawa Bali karena bagaimanapun fasilitas kesehatan dan sebagainya itu lebih bagus Jawa Bali maka kita perlu juga mengantisipasi kalau ada ledakan kasus COVID di luar Jawa Bali maka penanganan di hulu menjadi penting untuk taat kepada prokes," paparnya.

Dia memaparkan, tingkat kepatuhan prokes untuk Jawa Bali seperti memakai 1 masker sebanyak 90%, memakai 2 masker 61%, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer 78%, dan menghindari kerumunan 82%.

Sementara, untuk luar Jawa Bali lebih rendah. Untuk pemakaian 1 masker 83%, pemakaian 2 masker 37%, cuci tangan dengan sabun 65%.

"Dan menghindari kerumunan di luar Jawa Bali juga lebih rendah dari Jawa Bali di mana luar Jawa Bali itu hanya 69%," katanya.


(fdl/fdl)