PPKM Lanjut, Jokowi Jamin Bansos buat PKL-Warung Jalan Terus

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 19:33 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

PPKM berlevel resmi akan berlanjut dari 3 hingga 9 Agustus 2021. Hal itu telah disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi kemudian menegaskan, seiring dengan diperpanjangnya PPKM itu pemerintah juga tetap melanjutkan program-program yang membantu beban masyarakat. Seperti bantuan sosial hingga PKH.

"Hal-hal teknis selanjutnya akan dijelaskan oleh Menko dan Menteri terkait dan untuk mengurangi beban masyarakat akibat berbagai pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi pemerintah tetap mendorong penyaluran bantuan sosial bansos untuk masyarakat," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Tak hanya itu, Jokowi juga memastikan bantuan sosial tunai, BLT desa, hingga bantuan untuk pelaku usaha mikro seperti warung sudah disalurkan.

"Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan dan program banpres produktif usaha mikro sudah mulai diluncurkan pada 30 Juli yang lalu," ucapnya.

Menurutnya penerapan PPKM level 4 yang diberlakukan 26 Juli hingga 2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya.

"Oleh karena itu dengan mempertimbangkan beberapa indikator kasus pada minggu ini pemerintah memutuskan untuk melanjutkan PPKM level 4 dari tanggal 3-9 Agustus 2021," terangnya.

(das/das)