Sandiaga Sandingkan Ekonomi Kreatif RI dengan Industri Hollywood & K-Pop

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 03 Agu 2021 14:01 WIB
Menparekraf
Foto: UMN
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sektor ekonomi kreatif akan menyumbang kontribusi ekonomi yang besar bagi Indonesia. Dia bahkan menyebut sektor ekonomi kreatif Indonesia setara dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Menurutnya, berdasarkan data Opus Creative Economy Outlook 2020 sektor ekonomi kreatif Indonesia diperkirakan menyumbang hingga Rp 1.100 triliun pada PDB Indonesia.

Dengan kontribusi tersebut, dia mengatakan sektor ekonomi kreatif di Indonesia tak jauh berbeda dengan Amerika Serikat dengan industri Hollywoodnya, ataupun Korea Selatan dengan industri K-Pop.

"Hal itu membuat Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Pop dalam kontribusi industri berbasis ekonomi kreatifnya terhadap PDB. Kita bersaing dengan mereka," kata Sandiaga dalam Festival Ide Bisnis Xpora yang diselenggarakan detikcom dan BNI, Selasa (3/8/2021).

Di tahun 2021 sendiri menurutnya menjadi momentum pemulihan ekonomi global, tak terkecuali untuk sektor ekonomi kreatif. Sandiaga mengatakan tahun ini menjadi momen pertumbuhan berkelanjutan bagi ekonomi kreatif secara internasional.

Pemerintah pun akan melakukan membantu para pelaku ekonomi kreatif, salah satunya dengan mendukung transformasi digital para UMKM ekonomi kreatif.

"Di 2021 ini momentum tepat untuk pemulihan ekonomi global, tahun ini ditetapkan jadi the 2021 international year of creative economy for sustainable development. Hal ini bisa jadi upaya bersama untuk memusatkan sektor ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga.

Simak juga video 'Sandiaga Uno Percepat Pencairan Dana Bantuan Pariwisata Rp 2,4 Triliun':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)