Masih Penasaran, Dahlan Iskan Ingin ke Singapura Cari Jejak Rp 2 T Akidi Tio

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 10:08 WIB
Mantan Dirut PLN yang juga mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Dahlan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan 21 gardu listrik di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada 2011-2013. Lamhot Aritonang/detikcom.
Masih Penasaran, Dahlan Iskan Ingin ke Singapura Cari Jejak Rp 2 T Akidi Tio
Jakarta -

Janji keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbang Rp 2 triliun untuk penanganan Corona di Sumatera Selatan (Sumsel) bikin heboh satu negara. Sebab, setelah ditelusuri polisi, duit yang dijanjikan belum ada.

Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan pun ikut dibuat penasaran. Bahkan Dahlan Iskan ingin menelusuri sendiri jejak keberadaan uang triliunan rupiah itu. Kabarnya uang tersebut berada di bank di Singapura. Dahlan yang mengatakan punya jaringan di negara tersebut berkeinginan datang langsung ke sana untuk mencari tahu sendiri kebenarannya.

"Coba tidak pandemi, saya ingin ke Singapura. Ingin menelusuri sendiri dana itu. Saya punya network di sana," kata dalam lewat tulisan di blog disway.id yang dikutip detikcom, Rabu (4/8/2021).

Ia mengaku sudah tahu ke bank mana Heryanty, anak Akidi Tio mengurus dana Rp 2 triliun itu. "Saya juga tahu bank tersebut sekarang menjadi anak perusahaan bank yang sangat besar di Singapura," sebutnya.

Dahlan lalu menerka-nerka bahwa Akidi Tio punya bisnis di Singapura. Menurutnya, bagi orang Tionghoa kaya Palembang punya bisnis di Singapura bukan barang baru.

"Ada orang Palembang yang sangat terkenal di Palembang dan di Singapura. Juga di Jakarta. Namanya Tong Djou. Saya juga kenal baik dengan Tong Djou -sebelum meninggal Februari lalu," paparnya.

Jadi, lanjut Dahlan, bukan tidak mungkin bila Akidi Tio memiliki harta di Singapura. Namum, untuk mengurus harta tersebut bukan perkara gampang bagi anak Akidi Tio.

"Perkiraan saya: anak-anak Aki (Akidi Tio) lantas mulai mengurus harta itu. Tapi, masalahnya tidak sederhana," tambahnya.

Simak video 'Kejanggalan Sumbangan Rp 2 T Keluarga Akidi Tio':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)