Nadiem Lanjut Bansos Subsidi Kuota Internet sampai November

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 16:25 WIB
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim menegaskan bahwa bantuan sosial (Bansos) kuota internet bakal dilanjutkan

Keputusan ini diambil sejalan dengan keputusan pemerintah untuk melanjutkan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengakibatkan terbatasnya kegiatan masyarakat.

"Kami ada skema lanjutan subsidi kuota. Pada September, Oktober, November, kita akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kota data bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen," kata Nadiem dalam paparan virtual, Selasa (4/8/2021)

Bantuan kuota Kemendikbud 2021 ini diberikan kepada pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen tiap tanggal 11-15 setiap bulannya. Subsidi untuk menunjang kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) alias belajar online ini berlaku selama tiga bulan, dari Maret-Mei 2021.

Di bantuan kuota gratis jilid II ini untuk PAUD akan mendapatkan kuota 7GB dan untuk Siswa memperoleh kuota 10GB. Sementara untuk Guru kuota yang akan diberikan adalah 12GB, serta kuota 15GB untuk jenjang Mahasiswa dan Dosen.

Kuota dapat digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet untuk lebih dari 300 portal pendidikan dan platform yakni Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, dan Zenius.




(hal/dna)