Heboh Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Seberapa Penting Sih?

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 16:45 WIB
pesawat kepresidenan
Foto: Dok. @alvinlie21
Jakarta -

Sempat ramai di media sosial pesawat kepresidenan RI telah diganti menjadi merah putih dari sebelumnya dominan biru. Pihak Istana Negara pun membenarkan hal itu.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan rencana pengecatan ulang ini direncanakan sejak 2019 dan terkait dengan perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020.

Lantas, kenapa sih sebuah pesawat harus dicat ulang? Seberapa pentingkah?

Mengutip dari situs produsen pesawat Boeing, Rabu (4/8/2021), keputusan untuk mengecat pesawat disebut memerlukan beberapa pertimbangan, mulai dari pemasaran, ekonomi, dan lingkungan.

Untuk pemasaran, warna, pola, dan simbol yang ada di luar pesawat diperlukan untuk menyampaikan citra kepada publik. Maka dengan begitu identitas maskapai bisa diidentifikasi di bandara manapun dan dikenal selama bertahun-tahun.

Sedangkan untuk ekonomi, ini masalah biaya yang akan dikeluarkan untuk pengecatan pesawat hingga pemeliharaan. Semua cat eksterior pesawat, tidak hanya cat pesawat biasa tetapi diperlukan cat pelindung yang digunakan di area tertentu untuk mencegah korosi, dan digunakan pada semua komposit untuk mencegah erosi dan masuknya uap air.

Kemudian, setelah dicat atau dipoles, pesawat harus dipelihara dengan cara mencuci, bahkan juga dicat ulang. Umumnya pengecatan ulang dilakukan setiap empat tahun sekali dan itu biasanya sudah terjadwal.

"Tidak semua operator pesawat mengecat ulang, ada juga yang hanya mengamplas lecet pada lapisan badan pesawat," tulis website Boeing.

Alasan mengapa beberapa operator tidak mengecat ulang, selain banyak biaya yang harus dikeluarkan, pesawat disebut tidak boleh dibebankan lebih dari dua lapis cat.

"Dengan lebih dari dua lapisan, efisiensi pengoperasian menurun, pemeriksaan menjadi lebih sulit, dan korosi dapat dimulai pada serpihan yang tertinggal di bawah lapisan atas yang baru," lanjutnya.

Penumpukan cat yang berlebihan menjadi perhatian khusus pada pesawat yang menua, karena penumpukan tersebut dapat menyebabkan kesulitan selama pemeriksaan deretan paku keling dan sambungan pangkuan yang menghubungkan panel badan pesawat.

Lihat Video: Ramai Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Telan Biaya Hingga Miliaran

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)