Mau Duit Bansos Awet hingga Disisihkan buat Investasi? Ini Tipsnya

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 20:00 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho

Selain itu, Andy mengatakan, usahakan untuk menyisihkan sebagian dana yang didapat dari bantuan sosial untuk ditabung atau diinvestasikan. Gunanya agar dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat penting misalnya seperti dana darurat ada anggota keluarga yang sakit dan lain-lain.

"Saran saya idealnya menyisihkan 10-20% untuk ditabung atau diinvestasikan. Selebihnya bisa 40% untuk membayar kewajiban dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari atau bisa juga 10% untuk ditabung/investasi, 50% untuk bayar kewajiban, dan selebihnya untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Investasi memang memiliki risiko. Namun jika Anda pemula, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan investasi.

"Untuk memilih investasi yang cocok buat kita tipsnya adalah jangan cuman sekedar ikut-ikutan, atau hanya tergiur oleh potensi imbal hasilnya, tapi pelajari lebih dulu bagaimana produk itu bisa bekerja, gimana caranya bisa mendatangkan keuntungan buat kita, dan risikonya apa," ujar Andy.

"Lalu sesuaikan juga dengan modal yang kita miliki, dan sesuaikan juga dengan kemampuan kita dalam menerima risiko. Karena buat yang tidak suka investasi beresiko tinggi, maka jangan memaksakan diri masuk ke investasi tersebut," pungkasnya.


(ara/ara)