Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diumumkan Hari Ini, Begini Ramalan Jokowi Cs

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 09:25 WIB
PPKM Darurat diberlakukan untuk membatasi pergerakan warga selama pandemi. Begini suasana di Jalan Sudirman, Jakarta, saat PPKM Darurat berlaku.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2021 hari ini. Pengumuman itu akan dilakukan siang ini secara virtual.

Indonesia sendiri sejak tahun lalu terjun ke dalam jurang resesi imbas dari pandemi COVID-19 yang meradang. Indonesia tercatat resmi resesi di kuartal III 2020 setelah mencatatkan kontraksi pertumbuhan ekonomi berturut-turut selama dua kuartal.

Rincinya, di kuartal II ekonomi Indonesia mulai kontraksi sebesar 5,32%, kemudian di kuartal III ekonomi masih terkontraksi di level 3,49%. Dengan begitu, Indonesia resmi resesi.

Meski terlihat ada perbaikan, ekonomi Indonesia di kuartal IV 2020 juga masih minus 2,19%. Di awal tahun Indonesia membuka pertumbuhan ekonomi di kuartal I minus 0,74%.

Namun kuartal II ini, perbaikan ekonomi nampaknya di depan mata. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diramal akan tumbuh positif kembali.

Presiden Joko Widodo berkali-kali mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di level positif 7% pada kuartal II 2021. Lebih baik dari kuartal I yang masih minus 0,74%.

"Kita semua optimis di kuartal kedua dari sebelumnya kuartal satu minus 0,74%. Kita optimis kuartal kedua tumbuh insyaallah kurang lebih 7%," papar Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Munas Kadin VIII, Rabu (30/6/20210).

Dia pun memaparkan beberapa indikator pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, yang dinilai Jokowi dipenuhi optimisme. Misalnya saja purchasing manager index manufaktur yang sudah mencapai 55,3% di bulan Mei. Jumlahnya melonjak jauh, bahkan dari sebelum pandemi yang menurutnya berada di angka 51%.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Penjelasan BPS Soal Ekonomi RI 2020 Terburuk Sejak Krismon 98"
[Gambas:Video 20detik]