Ekonomi Negara Mitra Dagang Membaik, RI Jadi Kecipratan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 15:56 WIB
Pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II-2021 diramal tembus 7%. BI menyebut hal ini karena pemulihan di sektor pendukung turut mendorong ekonomi nasional.
Ekonomi Negara Mitra Dagang Membaik, RI Kecipratan
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021 7,07% dibandingkan periode kuartal II tahun 2020.

Kepala BPS Margo Yuwono mengungkapkan pertumbuhan ekonomi global pada kuartal II tahun ini memang tercatat mengalami peningkatan. Tercermin dari pergerakan indeks PMI secara global. Pada Maret tercatat 54,8 kemudian pada Juni naik menjadi 56,6.

Dia menyebutkan hal ini menunjukkan tren peningkatan perekonomian global. Didorong oleh harga komoditas makanan dan hasil tambang di pasar internasional yang mengalami peningkatan.

Untuk komoditas makanan yang meningkat seperti gandum, kelapa sawit hingga harga kedelai. Selain itu hasil tambang seperti timah, aluminium dan tembaga juga mengalami peningkatan.

Selain itu ekonomi di sejumlah negara yang menjadi mitra dagang Indonesia pada kuartal II 2021 mencatatkan pertumbuhan positif. Seperti China pada kuartal II tercatat tumbuh 7,9%, lalu Amerika Serikat (AS) ekonominya tumbuh 12,2%, Singapura 14,3%, Korea Selatan tumbuh 5,9% dan Uni Eropa 13,2%.

"Semua negara mitra dagang Indonesia positif (pertumbuhan ekonomi)," jelas dia.

Menurut Margo ada yang menarik dari pertumbuhan ekonomi mitra dagang Indonesia ini. Contohnya Singapura yang pada kuartal II tahun lalu ekonominya kontraksi 13,3% sedangkan pada kuartal II tahun ini positif 14,3%.