Airlangga Ungkap Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI di Akhir 2021

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 18:01 WIB
Jakarta -

BPS telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal Dua 2021 tumbuh 7,07%. Meski di kuartal 3 kembali ada tekanan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto optimis pada kuartal ke empat pertumbuhan ekonomi akan kembali naik, dan secara Year on Year bisa mencapai angka 3,7-4,5.

"Pemerintah melihat, Q4 adalah potensi untuk membalikkan keadaan kembali, karena kita punya tabungan 7,07 di Q 2, maka diharapkan angka 3,7 - 4,5 YoY di akhir tahun bisa tercapai, " ujar Airlangga menanggapi pertanyaan media saat konferensi pers (05/08).

Airlangga menjelaskan kuartal kedua pertumbuhan ekonomi tinggi karena mobilitas masyarakat sudah sedikit bergerak, dan kasus aktif Covid 19 dibawah 200 ribu. Sebaliknya kalau kasusnya naik akan ada tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pada kuartal tiga saat ini dengan adanya varian delta dimana kasus aktif meningkat, pemerintah harus menurunkan mobilitas. Mobilitas dan kegiatan ekonomi baru bisa dilakukan saat kasus kesehatan berhasil ditekan rendah.

Menko melihat, pertumbuhan kuartal ketiga sangat tergantung seberapa cepat kasus varian delta bisa ditekan. Saat ini meski dari sisi BOR (Bed Occupancy Ratio), sudah mulai turun namun kasus aktif masih sangat fluktuatif.

(das/dna)