Jokowi Minta Pemda Beri Wong Cilik Kelonggaran Usaha

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 19:07 WIB
POster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menkop UKM Teten Masduki mengungkapkan beberapa strategi yang dilakukan pemerintah untuk mendorong kembali para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya memperbolehkan pelaku usaha kecil untuk tetap beroperasi di masa pembatasan sosial PPKM ini.

Teten menjelaskan, pertama pemerintah akan mengoptimalkan penjualan produk-produk UMKM di market place online. Ada 3 kelompok besar jenis produk UMKM yang dianggap pertumbuhannya cukup tinggi di pasar online yakni makanan dan minuman, home care dan health care.

"Kami juga mencoba mengurangi impor, kami sudah ada kesepakatan dengan beberapa platform digital cross border untuk tidak menjual produk-produk impor. Sudah dengan Lazada dan Shopee dan kami akan coba dengan yang lain. Saya kira ini penting untuk menjaga market kita dari serbuan produk-produk luar," tuturnya dalam konferensi pers, Kamis (5/8/2021).

Langkah kedua, lanjut Teten, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar berkomunikasi dengan pemerintah daerah yang diminta untuk memperbolehkan pelaku usaha kecil yang masih banyak peminatnya tetap beroperasi. Namun tetap dengan protokol kesehatan.

"Kedua sesuai dengan arahan Presiden kami sedang menjajaki dengan pemerintah daerah untuk usaha-usaha kecil yang permintaanya masih ada untuk diberikan kelonggaran untuk berusaha. Tapi tetap dengan protokol kesehatan yang prima," terangnya.

Ketiga, Teten melihat masih ada potensi ekspor dan permintaan pasar yang baik dari sektor UMKM. Namun hal itu terhadang dengan masalah di rantai pasoknya yang terganggu.

"Ini yang mungkin akan kami dekati satu persatu problemnya," tutup Teten.

(das/dna)