Jangan Salah Pilih, Ini 5 Jenis Konten untuk Kembangkan Bisnis

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 06 Agu 2021 13:25 WIB
media sosial
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Media sosial kini menjadi kanal pemasaran terpopuler untuk mengembangkan bisnis dan meraih cuan yang lebih besar. Akan tetapi, kamu nggak bisa sembarangan posting konten di media sosial sebab butuh perencanaan dan persiapan untuk bisa gaet hati audiens.

Digital Marketing Expert & Founder socialmediamarketer.id, Niko Julius mengatakan saat membuat konten untuk mengembangkan bisnis, penting sekali untuk mengetahui target audiens yang akan disasar. Sebab, diperlukan pemilihan topik konten yang tepat untuk menjangkau audiens yang bervariasi.

Terkait topik konten, Niko menjelaskan ada 5 jenis topik konten yang bisa dipertimbangkan saat membuat konten. Menurutnya, dengan memiliki topik konten yang tepat akan lebih banyak peluang untuk membuat konten tersebut menarik minat audiens hingga menjadi viral.

Adapun kelima jenis topik konten tersebut antara lain.

1. Edukasi

Menurut Niko, konten edukasi merupakan sesuatu yang datangnya dari dalam diri si pembuat. Misalnya, pengalaman juga pengetahuan.

"Apa yang kita tangkap dan telaah, kemudian kita bagikan ke orang. Itu berarti kita mengedukasi orang," ujar Niko dalam Webinar Trik Bikin Konten Kuliner Jadi Viral yang Bikin Panen Profit yang disiarkan live di detikcom, dikutip Jumat (6/8/2021).

2. Informasi

Berbeda dengan edukasi, Niko menjelaskan topik konten berisi Informasi merupakan sesuatu yang datangnya bukan dari diri kita.

"Dari pihak lain. Mungkin dari website, koran, atau bacaan lain atau datang dari jurnal tertentu. Ini informasi di luar sana yang hanya disampaikan kembali. Boleh ubah-ubah desain atau visual, tetapi informasinya tidak boleh berubah," jelasnya.

3. Inspirasi

Niko mengatakan topik konten yang inspiratif bisa datang dari berbagai hal. Contohnya, tentang perjalanan bisnis, hadirnya suatu produk, atau kisah awal memulai bisnis. Sebab, contoh-contoh tadi bisa menjadi inspirasi bagi audiens maupun pelaku bisnis lainnya.

"Karena orang seru juga tuh saat kita memulai perjalanan bisnis, itu datang dari mana, resepnya datang dari mana itu bisa ceritakan. Sejarahnya itu juga menarik loh," ucapnya.

4. Entertaining

Niko tak banyak menjelaskan soal topik konten Entertaining. Sebab menurutnya konten yang menghibur bisa sangat mudah dipahami dan dibuat oleh para pelaku bisnis. Ia mengatakan, apapun talenta yang dimiliki saat ditampilkan dalam sebuah konten dan mampu menghibur, maka itu termasuk dalam topik konten yang Entertaining.

5. Promosional

Terakhir, konten promosi. Menurut Niko topik konten promosi merupakan salah satu jenis yang difavoritkan banyak orang.

"Konten promosi menarik nggak? Menarik dong, siapa sih yang nggak suka dapat sesuatu yang menguntungkan. Tentu semua orang suka," paparnya.

Niko mengatakan kelima jenis topik konten tersebut bisa dicoba dan dipilih sesuai dengan audiens yang disasar, juga produk yang ditawarkan. Sebab, tidak ada jenis topik konten yang lebih unggul dibanding lainnya.

"Jadi topik konten bisa pilih dari lima ini, mana yang paling baik? Saya sendiri nggak bisa jawab. Karena audiens teman-teman bisa jadi berbeda dengan audiens saya. Di audiens saya, yang baik mungkin adalah edukasi. Di tempat teman-teman, mungkin informasi yang bagus. Atau di tempat lain yang paling kencang promosinya yang banyak direspons," terangnya.

Webinar Trik Bikin Konten Kuliner Jadi Viral yang Bikin Panen ProfitWebinar Trik Bikin Konten Kuliner Jadi Viral yang Bikin Panen Profit Foto: Erika Dyah

"Harus lakukan tes semua, coba posting edukasi, informasi, inspirasi, hiburan, promosi. Coba lakukan nanti akan kelihatan mana sih yang bakal direspons? Itu bisa dipahami," pungkasnya.

Serba-serbi jenis topik konten ini dijelaskan Niko dalam acara Webinar yang diselenggarakan oleh Kraft Heinz Food Service Institute bekerja sama dengan detikcom pada Kamis (5/8). Untuk gelarannya yang kedua ini, Webinar dari Kraft Heinz Food Institute mengangkat tema Trik Bikin Konten Kuliner Jadi Viral yang Bikin Panen Profit.



Simak Video "Andovi da Lopez Tekankan Pentingnya Inklusivitas di Dunia Perkontenan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/fay)