Puluhan PKL di Solo Dapat Bantuan Rp 3,4 Juta dari Kemenaker

Ari Purnomo - detikFinance
Minggu, 08 Agu 2021 18:03 WIB
PKL di Solo
Foto: (Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di kompleks Manahan, Solo, Jawa Tengah (Jateng) mendapatkan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan, Minggu (8/8/2021). Bantuan senilai Rp 3,4 juta untuk setiap PKL diharapkan dapat membantu pedagang untuk permodalan.

"Kami berikan bantuan bagi pedagang yang terdampak Pandemi ini, dan mereka (pedagang) salah satu yang paling terdampak," ujar Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kemenaker, Suhartono usai memberikan bantuan di Manahan.

Suhartono menambahkan, di tengah pandemi ini para pedagang mengalami penurunan omzet yang cukup besar yakni mencapai 70 persen. Maka dari itu, bantuan senilai Rp 3,4 juta ini agar pedagang bisa tetap berjualan.

"Ini sebagai bantuan permodalan untuk pedagang, menurut saya mereka perlu disemangati karena omzetnya turun sampai 70 persen. Bantuan ini bisa digunakan untuk permodalan," tuturnya.

Bantuan permodalan itu diberikan kepada empat kelompok PKL yang ber KTP Solo. Untuk satu kelompok terdiri dari 16 PKL. Suhartono juga mendorong agar perusahaan-perusahaan yang masih eksis untuk membantu para pedagang ini.

Sehingga perekonomian para pedagang tetap bisa berjalan.

"Perusahaan-perusahaan yang eksis didorong membantu para pedagang ini," ucapnya.

Bantuan permodalan dari kementerian Ketenagakerjaan ini diberikan kepada 100 ribu PKL yang tersebar di berbagai kota.

"Totalnya ada sekitar 100 ribu orang, tidak hanya di Solo tapi ada di Jakarta, Mojokerto dan daerah lain yang betul-betul terdampak COVID-19," pungkasnya.

Salah satu pedagang yang mendapatkan bantuan, Eko Nur Fitria (48) mengatakan, pandemi ini membuat omzet penjualannya turun drastis. Sebelumnya dalam sehari omzet dari jualan tengklennya bisa lebih dari Rp 1 juta.

"Tetapi sekarang tidak sampai, sangat jauh. Turunnya bisa sampai 70 persen, jadi kerasa banget. Ya senang dapat bantuan ini, bisa untuk modal," kata dia.

Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kemenaker, Suhartono secara simbolis memberikan bantuan kepada PKL di Manahan, Solo, Minggu (8/8/2021).

(dna/dna)