Goks! Warga Hong Kong Dapat Voucher Belanja Online Rp 9,2 Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 10:29 WIB
Hong Kong: China sepakati rencana patriotik untuk kontrol pemilu, praktis akan hapus semua oposisi yang tersisa
Foto: BBC World
Jakarta -

Hong Kong berhasil mendorong masyarakatnya untuk menggunakan sistem pembayaran elektronik. Saat ini ada 2,2 juta pembukaan rekening baru untuk sistem pembayaran elektronik yang dilakukan warga Hong Kong.

Dilansir dari Bangkok Post, Senin (9/8/2021), peningkatan pembukaan rekening pembayaran elektronik itu salah satunya dipicu oleh program voucher konsumsi sebesar HK$ 5.000 atau sekitar Rp 9,2 juta (kurs Rp 1.847).

Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan Mo-po mengatakan skema voucher elektronik tersebut berhasil mencapai tujuannya, yaitu untuk merangsang ekonomi dan mendukung lapangan kerja.

"Banyak pemilik toko mengatakan arus pengunjung tampaknya meningkat baru-baru ini," kata Chan.

Dia juga mengatakan program voucher yang berjalan telah menjadi dasar bagi transformasi Hong Kong ke ekonomi digital. Menurutnya, Hong Kong telah lama tertinggal di belakang China daratan dalam penerapan sistem pembayaran elektronik.

Pada bulan lalu, jumlah total akun WeChat Pay HK, AlipayHK, Tap & Go dan Octopus meningkat. Empat platform besar ini banyak digunakan di Hong Kong. Setidaknya, jumlah pengguna telah tumbuh lebih dari 2,2 juta orang.

Jumlah merchant pedagang yang menerima pembayaran elektronik juga meningkat. Saat ini telah meningkat lebih dari 48.000 pedagang.

Dalam upaya untuk menarik konsumen, keempat perusahaan telah bermitra dengan pusat perbelanjaan dan rantai ritel untuk menggelar lotere dan potongan harga.

Program voucher konsumsi ini masuk ke dalam stimulus HK$ 36 miliar yang diperkenalkan Paul Chan pada bulan Februari. Tujuannya, merangsang pengeluaran di bisnis ritel lokal, restoran dan transportasi umum, dan meningkatkan ekonomi kota yang dihantam virus Corona sebesar 0,7%.



Simak Video "Hong Kong Larang Kedatangan Penerbangan asal Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/ang)