Usai Bagi Harta Gono Gini, Bill Gates Disalip Mark Zuckerberg

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 15:46 WIB
Bill Gates
Foto: New York Post
Jakarta -

Bill Gate tergeser dari posisi orang terkaya ke-4 di dunia. Saat ini Bill memiliki total kekayaan US$ 129,6 miliar atau setara Rp 1.800 triliun (kurs dolar Rp 14.402). Jika dibandingkan dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg, harta Bill Gates lebih sedikit 0,5% dari bos FB itu.

Melansir Forbes, Selasa (10/8/2021) penurunan posisi Bill Gates tersebut bukan tanpa alasan. Transfer saham yang dilakukan Bill Gates ke Melinda sudah cukup membuatnya kehilangan posisi sebagai orang terkaya keempat di dunia.

Berdasarkan pengajuan SEC baru, Cascade Investment LLC, salah satu kendaraan investasi Bill mentransfer hampir US$ 2,4 miliar setara Rp 34 triliun saham ke Melinda pada Kamis (5/8). Ditambah pada bulan Mei, beberapa hari setelah pasangan itu mengumumkan perceraian mereka, Bill mentransfer saham senilai US$ 3,2 miliar sekitar Rp 46 triliun ke Melinda.

Melinda menerima 3,3 juta saham AutoNation AN 0,0%, senilai sekitar US$ 392 juta. Sekarang Melinda memiliki 8,8% dari pengecer mobil yang berbasis di Florida itu. Cascade juga mentransfer 2,8 juta saham pembuat peralatan pertanian Deere & Co. DE +0,7% , sekarang bernilai US$ 1 miliar, dan 9,5 juta saham Canadian National Railway Co., bernilai US$ 1 miliar.

Tidak jelas berapa banyak yang akan didapat Melinda. Dia mungkin juga menerima aset tambahan dari Bill seperti saham di perusahaan swasta atau real estat yang tidak memerlukan pengungkapan publik atas transfer tersebut.

Lebih lanjut, investasi Cascade Bill Gates tidak perlu mengungkapkan transfer saham jika Bill memiliki kurang dari 5% dari perusahaan yang terdaftar. Persyaratan yang menentukan bagaimana kekayaan pasangan itu akan dibagi dalam kontrak pemisahan non-publik, yang sebelumnya telah ditandatangani sebelum Bill dan Melinda mengumumkan perceraian mereka pada bulan Mei.

Dalam petisi perceraian asli mereka, Bill dan Melinda mengatakan bahwa hubungan mereka rusak tak dapat diperbaiki lagi. Menurut Wall Street Jurnal, Melinda dilaporkan tertekan oleh pertemuan Bill dengan almarhum predator seksual Jeffrey Epstein dan mulai berkonsultasi dengan pengacara perceraian sejak 2019.

Seorang juru bicara Bill juga mengakui bahwa ia berselingkuh dengan karyawan Microsoft MSFT -0,4% pada tahun 2000, hal itu telah diselidiki oleh dewan perusahaan pada tahun 2019. Bill pun mengundurkan diri dari dewan Microsoft pada Maret 2020 sebelum penyelidikan selesai, meskipun juru bicara itu menyangkal dia melakukannya karena penyelidikan.

Terlepas dari gejolak tersebut, Bill dan Melinda telah berjanji untuk tetap menjadi ketua bersama Gates Foundation, yang mereka dirikan pada tahun 2000 dan sejak itu menjadi organisasi filantropi terbesar di dunia. Yayasan mengumumkan bulan lalu bahwa Melinda akan mengundurkan diri dalam dua tahun jika ternyata dia dan Bill tidak dapat bekerja sama.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)