ADVERTISEMENT

Bahlil Sebut RI Bisa Chaos Kalau Hal Ini Sampai Terjadi

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 12 Agu 2021 14:57 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia/Foto: Mohammad Wildan/20detik
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut Indonesia bisa chaos atau mengalami kekacauan jika pengusaha tidak kuat. Hal itu dia ungkapkan dalam webinar bersama Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. Namun tidak dijelaskan dalam konteks, tidak kuat menghadapi pandemi COVID-19 atau apa.

Pernyataan Bahlil berkaca dari pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021, di mana konsumsi rumah tangga dan investasi masih menjadi penopang, yang mana masing-masing tumbuh 5,93% dan 7,54%.

"Kalau kita potret pada pertumbuhan ekonomi kuartal II, 84% pertumbuhan ekonomi nasional itu kontribusi dari konsumsi dan investasi," kata Bahlil dalam webinar, Kamis (12/8/2021).

Konsumsi rumah tangga berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 55,07%.

Dijelaskan Bahlil, pengusaha memegang andil penting dalam menjaga konsumsi rumah tangga. Sebab, daya beli masyarakat yang menggerakkan konsumsi bisa tercipta karena adanya lapangan pekerjaan yang dicetak oleh dunia usaha.

"Kalau kita bicara tentang konsumsi itu bicara tentang daya beli masyarakat yang ujung dari daya beli masyarakat itu adalah kepastian pendapatan. Bagaimana orang punya daya beli masyarakat kalau nggak ada kepastian pendapatan? Dan kepastian pendapatan itu hanya bisa terjadi kalau ada lapangan pekerjaan, dan lapangan pekerjaan ini bisa terwujud kalau didorong oleh sektor swasta," jelasnya.

Jika lapangan kerja yang tercipta rendah maka konsumsi masyarakat pun tidak bisa memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

Undang-Undang Cipta Kerja atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, menurutnya adalah upaya pemerintah untuk mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dari dunia usaha.

"Makanya dunia usaha yang dipimpin oleh Pak Arsjad (Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri/Kadin Indonesia) ini sebagai pahlawan bangsa sekarang, karena kalau nggak, chaos ini negara kalau pengusahanya nggak kuat," tambah Bahlil.

Tonton juga Video: Kok Bisa Ekonomi RI Melesat 7 Persen Tapi Tidak Terasa?

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT