Ikuti Arahan Pemerintah, Swasta Mulai Gelar Vaksin Gotong Royong

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 12 Agu 2021 16:23 WIB
Momen libur Tahun Baru Islam dimanfaatkan sejumlah warga untuk ikut vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 pun terus digencarkan demi capai herd immunity.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah sedang gencar menggelar program Vaksinasi Gotong Royong (VGR). Program ini merupakan salah satu sinergi antara Pemerintah dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mendukung pelaku usaha agar mendapat akses vaksin COVID-19 bagi karyawan.

Untuk mendukung program ini Sehat365 yang merupakan perusahaan penyedia llayanan bidang kesehatan, yaitu melayani Swab Antigen dan Swab PCR menggelar program vaksin pada tanggal 11-12 Agustus 2021, bertempat di Main Loby Baywalk Mall Lt. 1, Pluit, Jakarta Utara.

Vaksin yang digunakan adalah Sinopharm yang memiliki catatan efikasi tinggi yaitu 79%. Dengan mengusung visi-misi mewujudkan jaringan fasilitas kesehatan sebagai sarana pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Sehat365 akan terus mendorong program vaksinasi ini sesuai dengan alokasi dari program Vaksinasi Gotong Royong sampai kebutuhan vaksin seluruh karyawan dari perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dapat terpenuhi.

"Prioritas kami saat ini adalah mendukung program Vaksinasi Gotong Royong untuk memberikan perlindungan bagi karyawan. Kami ingin secara konkrit mengakselerasi program vaksinasi nasional sehingga ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar CEO Sehat365, Max Adam Kamil dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Dia mengungkapkan peserta yang hadir mendapatkan pelayanan yang maksimal selama rangkaian vaksinasi dimulai dari pemeriksaan hingga pemberian kartu vaksin. "Kami terus memantau agar kegiatan ini berjalan dengan baik dari awal hingga selesai," jelas Max.

Dalam program Vaksinasi Gotong Royong ini, calon penerima vaksin akan melalui sejumlah tahapan pemeriksaan, mulai dari sebelum vaksinasi dan sesudah vaksinasi. Di tahap pertama, peserta terlebih dahulu akan melakukan proses registrasi dan verifikasi data. Setelah dinyatakan terdaftar, peserta akan lanjut ke tahap kedua, yakni proses skrining. Dalam proses skrining, peserta akan diperiksa suhu tubuh dan tekanan darahnya oleh petugas medis.

Jika dinyatakan lolos di proses skrining, peserta akan lanjut di tahap ketiga, yakni divaksin oleh petugas medis. Tahapan terakhir adalah masa observasi selama kurang lebih 30 menit.

Dalam tahapan ini, peserta diberikan kartu vaksinasi dan diperbolehkan pulang jika dalam masa observasi tidak ditemukan efek samping. Sehat365 sangat mendukung upaya Pemerintah bersama KADIN dalam penyelenggaraan program Vaksinasi Gotong Royong. Selain vaksinasi, Sehat365 juga senantiasa menginformasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

(kil/zlf)