CARA Cek Penerima hingga Pencairan BLT UMKM di eform.bri.co.id/bpum

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 11:29 WIB
Sejumlah warga mendatangi Bank BRI Unit Rorotan, Jakarta. Mereka mengantre untuk mendapatkan Banpers Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 1,2 juta.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah kembali memberikan UMKM bantuan produktif usaha mikro (BPUM) seringkali Rp 1,2 juta. Untuk cek penerima maupun reservasi pencairan BLT UMKM tersebut, penerima manfaat dapat mengakses eform BRI di eform.bri.co.id/bpum.

Cuma terkadang saat pencairan bantuan menimbulkan antrean yang panjang dan menghabiskan waktu yang lama. Tapi Kini penerima BPUM dapat melakukan reservasi online dengan bank tempat pencairan dan waktu yang diinginkan.

"Untuk meningkatkan pelayanan nasabah penerima BPUM, Bank BRI melakukan pengembangan terhadap e-form dengan implementasi BPUM Reservation System," dikutip dari laman Instagram resmi Kementerian Koperasi dan UKM @kemenkopukm, Sabtu (7/8/2021).

Selain itu, melalui eform ini selain bisa melakukan reservasi online, pelaku UMKM juga bisa sekaligus mengecek penerima BPUM. Jadi bisa dikatakan BPUM Reservation System merupakan sistem reservasi pencairan BPUM yang dikembangkan oleh Bank BRI.

Melalui eform BRI penerima dapat memilih Unit Kerja Operasional (UKO) atau bank pencairan secara online, sehingga penerima BPUM dapat mengunjungi UKO BRI dengan lebih leluasa dan tidak menambah kepadatan antrean. Pencairan BPUM Rp 1,2 juta hanya sekali untuk setiap penerima yang memenuhi syarat.

Berikut alur layanan BPUM Reservation System (eform BRI):

1. Nasabah mengakses eform.bri.co.id/bpum
2. Jika memenuhi persyaratan dan berhak menerima BPUM, maka akan diarahkan ke halaman reservasi.
3. Nasabah mengisi kolom formulir yang tersedia seperti nomor KTP, menu Provinsi, Kota Kabupaten, Unit Kerja dan Jadwal Antrean.
4. Setelah dilengkapi, mengisi kode verifikasi, kemudian akan muncul nomor referensi. Ingat! Nomor referensi WAJIB untuk disimpan.
5. Nasabah datang ke UKO sesuai jadwal yang telah dipilih. Jika terlewat, nasabah harus melakukan reservasi ulang dari awal.

Syarat Mencairkan Bantuan eform.bri.co.id/bpum:

a. Membawa buku tabungan
b. Membawa Kartu ATM
c. Membawa KTP
d. Membawa Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh aparat Desa setempat
e. Notifikasi (SMS) pemberitahuan penerima Banpres Produktif (BPUM) sendiri tidak hanya terbatas pada mereka yang telah memiliki rekening BRI/BNI.

Jika belum terdaftar sebagai penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta, maka pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri ke dinas bidang koperasi dan UKM di masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

Syarat Mendapat Bantuan eform.bri.co.id/bpum:

- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik
- Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM serta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
- Bukan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
- Tidak sedang menerima kredit usaha mikro (KUR) dari perbankan

Jika ingin tahu masuk dalam daftar penerima BLT UMKM bisa juga lewat eform.bri.co.id/bpum. Berikut ini caranya:

1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)
2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi
3. Klik proses inquiry
4. Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak
5. Jika terdaftar sebagai penerima, pelaku usaha mikro bisa mendatangi kantor BRI untuk mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta. Bantuan juga bisa langsung ditransfer ke rekening penerima.

Demikian cara cek penerima hingga mencairkan BLT UMKM melalui eform BRI. Bagi peserta yang sudah terdaftar sebagai penerima BLT tersebut, pastikan untuk mengikuti proses dan memenuhi syarat mencairkan bantuan sehingga bantuan tersebut dapat dicairkan.

(eds/eds)