Jokowi Siapkan Transfer Daerah dan Dana Desa Rp 770,4 T Tahun Depan

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 11:59 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD RI. Salah satu pidato yang disampaikan adalah soal pandemi COVID-19.
Foto: Istimewa/Biro Pemberitaan Parlemen
Jakarta -

Pemerintah pusat menyiapkan anggaran transfer ke daerah dan dana desa untuk 2022 mencapai Rp 770,4 triliun. Salah satu tujuannya masih untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik di daerah.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN 2022 dan Nota Keuangan, Senin (16/8/2021).

"Pada tahun 2022, anggaran transfer ke daerah dan dana desa direncanakan sebesar Rp 770,4 triliun," ucapnya.

Jokowi menjelaskan anggaran transfer ke daerah dan dana desa itu difokuskan untuk meningkatkan kualitas belanja daerah agar terjadi percepatan dalam peningkatan dan pemerataan kesejahteraan.

Kemudian melanjutkan kebijakan penggunaan DTU (dana transfer umum) untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik daerah, pemulihan ekonomi di daerah, pembangunan SDM pendidikan dan penambahan belanja kesehatan prioritas.

"Meningkatkan efektivitas penggunaan DTK melalui penyaluran DAK Fisik berbasis kontrak dan DAK Non Fisik untuk mendorong peningkatan capaian output dan outcome, serta mendukung perbaikan kualitas layanan, melanjutkan penguatan sinergi perencanaan penganggaran melalui peningkatan harmonisasi belanja Kementerian/Lembaga dan TKDD," tuturnya.

Jokowi juga berharap penggunaan Dana Desa bisa untuk memulihkan ekonomi di desa, melalui program perlindungan sosial dan kegiatan penanganan Covid-19, serta mendukung sektor prioritas.

(das/ara)